Selasa, 1 Desember 20

Di Masa Pandemi, Milenial Dominasi Investasi Surat Utang Negara

Di Masa Pandemi, Milenial Dominasi Investasi Surat Utang Negara
* Ilustrasi surat utang Negara. (Foto: sindonews.com)

Jakarta, Obsessionnews.com – Pandemi Covid-19 tak hanya memporak porandakan kesehatan manusia, virus ini juga memberi dampak yang luar biasa terhadap perekonomian dunia.

Untuk itu, masing-masing negara melakukan berbagai kebijakan yang sifatnya extraordinary di semua bidang. Salah satunya melelang Surat Berharga Negara (SBN).

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan, puluhan ribu anak milenial tercatat sudah menjadi investor di instrumen surat utang negara, seperti sukuk maupun non-sukuk.

“Cukup menggembirakan, naiknya tinggi banget dan didominasi oleh milenial,” kata Sri Mulyani seperti dikutip laman Kementerian Keuangan, Selasa (20/10/2020).

Dia menambahkan, Indonesia akan berusaha menggunakan instrumen terutama fiskal bersama dengan instrumen lain untuk meminimalkan dampak dari Covid-19 dan segera mendukung pemulihan masyarakat dan pemulihan ekonomi.

“Sebagai akibat dari kebijakan penanganan Covid, hampir seluruh negara mengalami defisit keuangan. Hal ini menyebabkan banyak negara yang kesulitan memperoleh pembiayaan guna memenuhi kebutuhaan pendanaannya,” kata Sri Mulyani.

Dengan begitu pemerintah melakukan komunikasi perkembangan ekonomi terkini dan ketahanan sektor keuangan Indonesia kepada seluruh media dan stakeholder.

Keterbukaan ini menggambarkan bagaimana fiskal APBN didesain dan disesuaikan secara prudent, transparan serta akuntabel sebagai usaha pada jangka menengah dapat memulihkan ekonomi sekaligus menyehatkan APBN kembali.

“Indonesia dari sisi reputasi terus melakukan berbagai macam komunikasi sehingga trasparansi dan kredibilitas APBN kita sangat jelas. Investor bisa menilai risiko kita,” pungkasnya. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.