Jumat, 30 Oktober 20

Di Maroko Jika Tak Berkemas Memalukan

Di Maroko Jika Tak Berkemas Memalukan

Berbeda bahasa berbeda budaya. Itulah kata-kata yang tepat melihat keberagaman antar bangsa. Ini cerita kebiasaan mencolok yang terlihat dari dua negara, Indonesia dan Maroko.

Sudah tak asing lagi, sehabis makan di tempat restoran siap saji seperti Mc.Donal’s biasanya orang Indonesia beranjak pergi tanpa mengemasi sampah-sampah sisa makanan ke tong sampah. Mereka beralasan sudah ada pekerja yang dibayar untuk itu.

Berbeda yang dilakukan oleh warga Maroko bernama Oumaima di McDonald’s, Jalan MH. Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (24/1/2017). Sebelum meninggalkan restoran ia membuang semua jenis sisa makanannya ke tempat pembuangan yang telah disediakan pihak restoran.

Aksi Oumaima menjadi perhatian oleh salah satu pekerja bersih-bersih (office boy) dari restoran. Pekerja tersebut langsung mengambil sisa kotak makanan gadis berambut pirang itu dan membatunya  membuangnya.

“Di Maroko kalau tidak membuang sisa makanan ke tong sampah sehabis makan, orang-orang akan melihat aneh kepada kita (seperti tidak ada aturan),” katanya kepada penulis, Selasa (24/1/2017).

Menurutnya, sebaiknya mengemasi semua yang telah kita lakukan, karena itu menandakan sebagai manusia yang memiliki tanggung jawab.

Kebiasaan warga Maroko telah dilakukan juga oleh beberapa negara maju di dunia. Alangkah baiknya jika kebiasaan itu diterapkan oleh warga Indonesia.

 

(Indah, warga Jakarta Selatan)

 

 

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.