Senin, 28 September 20

Di Hadapan Wapres JK, Ketum APPSI Minta Kenaikan Gaji Gubernur

Di Hadapan Wapres JK, Ketum APPSI Minta Kenaikan Gaji Gubernur
* Serah terima jabatan Ketua Umum APPSI dari Soekarwo (mantan Gubernur Jawa Timur) diberikan kepada Longki Djanggola (Gubernur Sulawesi Tengah. (Foto: semangatnews)

Padang, Obsessionnews.com – Ketua Umum APPSI (Asosiasi Pemerintah Propinsi Seluruh Indonesia), Longki Djanggola meminta pemerintah menaikkan gaji gubernur. Menurut pria yang menjabat Gubernur Sulawesi Tengah ini, menjadi gubernur saat ini bukanlah pekerjaan mudah.

Permintaan kenaikan gaji gubernur itu disampaikan Longki dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) APPSI yang dihadiri Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) di Padang, Sumatera Barat, Kamis (21/2/2019). Longki berharap keinginannya itu mendapat pemerintah pusat.

 

Baca juga:

JK yang Beri Izin Prabowo Kuasai Tanah 220.000 Hektare di Kaltim

JK Tolak Ahok Masuk Tim Kampanye Jokowi, Bahaya!

Di Era Jokowi-JK Pariwisata Melesat di Kancah Internasional

 

“Salah satu materi bahasan kami di APPSI adalah perlunya kenaikan gaji untuk gubernur. Saya dan propinsi dengan APBD yang tidak terlalu besar,” kata Longki.

Ia menilai gaji seorang gubernur kalah jauh dibanding gaji seorang anggota DPRD yang jumlahnya lebih dari Rp 70 juta setiap bulan. Mewakili seluruh gubernur se-Indonesia, Longki berharap pemerintah tidak pilih kasih. 

“Jangan anggap jadi gubernur gampang. Banyak yang OTT. Sekarang tanpa uang-pun bisa jadi OTT,” kata Longki.

“Gaji kami sangat kecil. Memang ada tambahan 8 juta, tapi harus dilengkapi dengan kuitansi. Bukan untuk satu orang, tapi untuk banyak orang,” sambungnya. 

Sumatera Barat kembali dipercaya sebagai tuan rumah pelaksanaan Rakernas APPSI 20-22 Februari 2019. Serahterima jabatan Ketua Umum APPSI dari Soekarwo gubernur Jawa Timur diberikan kepada Longki Djanggola gubernur Sulawesi Tengah.

Longki Djanggola resmi menjabat sebagai ketua umum APPSI dengan ditandai penyerahan bendera APPSI dari ketua lama dengan yang baru dan sekaligus membuka acara Rakernas ini.

Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola menjabat APPSI ini selama lebih kurang 10 bulan ke depan, karena mengantikan Soekarwo habis masa jabatan gubernurnya pada 12 Februari lalu.

Longki sebelumnya menjabat sebagai Wakil Ketua Umum APPSI. Namun sesuai AD/ART, langsung menjadi Ketua Umum ketika ketua sebelumnya berakhir masa jabatan sebagai gubernur.

Rakernas kali ini mengangkat tema “Reformasi dan Kebijakan Strategi untuk Mendukung Pengembangan Produk Unggulan dan Kerjasama Antar Daerah” yang dihadiri oleh 21 gubernur se Indonesia, sementara 10 provinsi lagi diwakili oleh wakil gubernur dan Asisten Pemerintahan.

Ketua APPSI dari Gubernur Jawa Timur, Soekarwo mengatakan, bahwa Rakernas ini merupakan salah satu wadah silahturahmi dan tempat komunikasi yang tepat untuk membangun pemahaman sama bagaimana pemerintah provinsi mengelola potensi daerahnya yang menyebar di seluruh provinsi di Indonesia.

“Dalam APPSI kita bersama-sama membuat program untuk menuju kesejahteraan masyarakat melalui tiga upaya, yakni meningkatkan pemberdayaan masyarakat lewat kelembagaan, pelayanan publik, serta mengajak masyarakat secara bersama-sama atau partisipatoris guna menemukan solusi yang terbaik dan tepat untuk meningkatkan kesejahteraan,” katanya. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.