Jumat, 19 April 24

Di Era Jokowi Proses Perizinan Lebih Cepat Hingga 600%

Di Era Jokowi Proses Perizinan Lebih Cepat Hingga 600%
* Pemerintahan Jokowi-JK dalam dua tahun mempercepat proses perizinan berbagai sektor.

Jakarta, Obsessionnews.com – Pemerintahan Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla (JK) berusia dua tahun pada Kamis, 20 Oktober 2016. Banyak terobosan yang dilakukan pemerintahan Kabinet Kerja, di antaranya mempercepat proses perizinan berbagai bidang.

Kementerian Sekretariat Negara lewat akun resmi Twitternya, ‏@KemensetnegRI, Jumat (21/10/2016), mengungkapkan proses perizinan lebih cepat hingga 600% dalam perjalanan dua tahun pemerintahan Jokowi-JK.

Di era Jokowi proses perizinan yang berlangsung ratusan hari sampai tak terhingga, dipangkas secara drastic hingga enam kali lebih cepat dari waktu semula.

cvqfeoavuauhufw

Perizinan listik yang semula 923 hari dipangkas menjadi 256 hari. Demikian pula pemangkasan terjadi pada perizinan pertanian dari yang semula 751 hari menjadi 172 hari. Proses percepatan perizinan juga terjadi pada perizinan perindustrian dari yang semula 672 menjadi 152 hari.

Yang juga dipercepat proses perizinannya adalah perizinan kawasan pariwisata dari 661 hari menjadi 188 hari, perizinan pertanahan yang semula 123 hari menjadi 90 hari, dan perizinan kehutanan yang semula 111 hari menjadi 47 hari.

Sementara itu perizinan perhubungan yang semula 30 hari dipangkas menjadi lima hari. Sedangkan tax allowance yang lama prosesnya tidak jelas diputuskan menjadi 28 hari.

Mempercepat proses perizinan di berbagai sektor merupakan salah satu janji kampanye Jokowi-JK pada Pilpres 2014.  Dalam Pilpres tersebut Jokowi-JK diusung parpol-parpol yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Hebat (KIH), yakni PDI-P, Nasdem, PKB, dan Hanura. Duet Jokowi-JK mengalahkan duet Prabowo Subianto-Hatta Rajasa yang diusung Koalisi Merah Putih (KMP) yang terdiri dari Partai Gerindra, PAN, Golkar, PKS, dan PPP. (@arif_rhakim)

 Baca Juga:

Dua Tahun Pemerintahan Jokowi-JK Pangkas 3.032 Perda

Hebat! Jokowi Hanya Butuh Satu Setengah Tahun Kuasai Parlemen

Dua Tahun Kabinet Kerja Masyarakat Berobat Gratis

 

 

 

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.