Sabtu, 21 Mei 22

Di Depan DPR, Johan Budi Tolak Revisi UU KPK

Di Depan DPR, Johan Budi Tolak Revisi UU KPK
* Johan Budi. (Foto: Edwin Budiarso/Obsessionnews.com)

Jakarta, Obsessionnews – Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sementara Johan Budi sudah mengikuti uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) calon pimpinan KPK bersama tiga calon lainya di Komisi III DPR RI, Senin (14/12/2015).

Di depan para anggota Komisi III DPR, Johan mengatakan dengan tegas, dirinya menolak adanya revisi Undang-Undang Nomor 30 tahun 2002 tentang KPK. Sebab, revisi tersebut dianggap cenderung melemahkan bukan menguatkan.

“Saya sering baca statemen, revisi UU KPK itu untuk menguatkan KPK. Tetapi ketika saya baca draf RUU-nya, itu justru melemahkan KPK,” kata Johan di DPR Senin.

Johan sempat dimintai tanggapan oleh anggota Komisi III mengenai pandangannya soal revisi. Ia lalu menegaskan, dirinya tidak sepakat bila revisi itu justru melemahkan, seperti dihapuskannya wewenang KPK dalam hal penuntutan, serta limitasi perkara yang dapat ditangani KPK.

“Saya ditanya itu, setuju nggak? Enggak setuju. Saya tolak,” tegas Johan.

Selain itu, Johan juga tidak sepakat dengan pembentukan dewan pengawas yang rencananya masuk dalam draf revisi. Menurut Johan, keberadaan dewan pengawas justru hanya akan mengganggu kinerja pimpinan KPK.

Johan berpandangan, KPK sudah memiliki dewan penasehat yang bertugas menyelidiki bila ada dugaan kasus pelanggaran kode etik yang dilakukan oleh pimpinan KPK. ‎”Saya rasa tidak dewan penasehat sudah cukup mewakili dari tugas dewan pengawas,” jelasnya. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.