Rabu, 23 Oktober 24

Di Blok Mahakam, Pertamina Dapat 70% Saham

Di Blok Mahakam, Pertamina Dapat 70% Saham

Jakarta, Obsessionnews – Keputusan terkait siapa yang bakal mengelola Blok Mahakam sudah dikeluarkan pemerintah. Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said mengatakan, operator existing Total E&P Indonesie dan Inpex Corporation, diberi porsi sebesar 30 %. PT Pertamina dan BUMD sendiri, mendapat porsi saham mencapai 70%

“Pertamina dan BUMD mendapat porsi saham 70 persen, sedangkan Total-Inpex diberikan interest 30 persen. Jadi 70 persen untuk Indonesia, dan 30 persen untuk operator sekarang,” kata Sudirman pada keterangan persnya di Jakarta, Jumat (19/6).

Lebih lanjut Sudirman mengatakan, pemberian porsi saham seperti ini sudah melewati berbagai pertimbangan. Pertama, Pertamina kudu betul-betul berperan sebagai operator yang mengontrol mayoritas saham. Di lain sisi, pemerintah juga mau memberi apresiasi kepada operator existing yang sudah menunjukkan kinerja baik dan komitmennya dalam berinvestasi.

Selain itu, porsi hak partisipasi pemerintah daerah Kalimantan Timur melalui BUMD bakal diberikan kabar pastinya pekan depan setelah ada pembahasan dengan Gubernur setempat.

“Menunggu Gubernur pulang, dari luar kota. Akan ada diskusi lanjutan untuk menetapkan porsi Pemda,” kata Sudirman.

Menurut Sudirman, Presiden Jokowi sudah menekankan agar seluruh porsi hak partisipasi yang diberikan kepada Pemda berapapun besarannya, dapat dimaksimalkan manfaat bagi masyarakat setempat.

“Sejauh mungkin bisa diambil manfaat dan kontrolnya dengan bantuan Pertamina,” ucap Sudirman.(Mahbub Junaidi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.