Rabu, 29 November 23

Desainer Nina Nugroho Mengusung Konsep Baru dalam Modest Fashion Pasca Pandemi

Desainer Nina Nugroho Mengusung Konsep Baru dalam Modest Fashion Pasca Pandemi
* CEO Nina Nugroho International Nina Nugroho. (Foto: Dok Nina Nugroho)

Obsessionnews.com – Nina Nugroho, salah satu desainer ternama di Indonesia dalam industri modest fashion, terus mempertajam visinya untuk tetap relevan dan responsif terhadap kebutuhan pelanggan di era pasca pandemi Covid-19.

CEO Nina Nugroho International ini merasa bersyukur karena bisnisnya berhasil bertahan di tengah tantangan pandemi, namun dia tetap berkomitmen untuk terus berubah dan menjaga hubungan baik dengan pelanggan setianya.

Nina telah berkiprah selama enam tahun dalam industri modest fashion, menawarkan solusi berpakaian bagi wanita muslimah di berbagai segmen. Saat ini, dia merencanakan fase baru untuk merevitalisasi mereknya, dengan menggabungkan masukan dari klien-kliennya dan kembali mengikuti konsep awalnya.

“Kami memasuki fase Reborn atau lahir kembali setelah melakukan riset mendalam dan mendengarkan masukan dari klien-klien kami. Kami kembali mengusung konsep awal kami, yaitu menjadi brand busana muslimah untuk para pekerja, yang menemani profesional muslimah di berbagai segmen, termasuk kelas menengah dan para pekerja mapan dengan tingkat pendidikan yang baik,” ujar Nina dikutip dari Majalah Women’s Obsession, Jumat (22/9/2023).

Konsep baru ini mengarah pada pembagian koleksi busananya menjadi tiga kategori. Yang pertama, busana kerja untuk profesional perempuan yang aktif dan dinamis, seperti yang bekerja di industri kreatif. Busana ini dirancang untuk memberikan kenyamanan dan kesederhanaan yang memungkinkan mereka bergerak dengan percaya diri dari satu pertemuan ke pertemuan lainnya.

Yang kedua, dirancang khusus bagi profesional perempuan yang memiliki pola kerja yang lebih konsisten, seperti yang bekerja di kantor atau ruang pertemuan. Desain busananya mencerminkan kompetensi dan karakter kuat yang membuat mereka siap menghadapi setiap tantangan.

Dan yang ketiga, koleksi busana kerja untuk para profesional yang sering menghadiri pertemuan penting di hotel berbintang atau perlu berperan sebagai pembicara di luar negeri. Busana dalam kategori ini menggunakan bahan mewah eksklusif dengan sentuhan batik yang unik, dirancang khusus untuk tampil istimewa dalam kesempatan-kesempatan istimewa.

Nina juga menjelaskan bahwa kolaborasi dengan berbagai pihak dan fokus pada kerjasama dengan organisasi profesi menjadi bagian penting dari strategi perusahaan. Salah satu contoh kolaborasi adalah menggelar fashion show dalam rangkaian acara Rapat Kerja Nasional dan Pertemuan Ilmiah Tahunan Ikatan Apoteker Indonesia di Solo.

Selain itu, Nina Nugroho International juga telah melakukan kerjasama dengan Kadin Indonesia untuk memperkenalkan karyanya ke negara-negara sahabat. Mereka juga aktif berpartisipasi dalam ajang modest fashion show di acara Halal Beyond Borders 2023 bersama desainer lain di Uzbekistan.

Dalam menjalankan eksplorasi busana kerja, Nina Nugroho berfokus pada koleksi unik dengan berbagai tema yang berbeda-beda. Koleksi terbaru, “Ancient Cities,” terinspirasi oleh warna, arsitektur, dan garis-garis bangunan bersejarah Mesir Kuno.

Selain berkarir dalam dunia fashion, Nina Nugroho juga terlibat aktif dalam membina UMKM di Bekasi, kota di mana pemerintah setempat semakin menyadari pentingnya branding kota melalui fashion. Salah satu inisiatif yang dia pimpin adalah Bekasi City Fashion Movement, yang menghadirkan beragam kegiatan termasuk fashion show, diskusi publik, lomba model, dan pameran UMKM.

Nina berharap untuk bersinergi dengan pemerintah, desainer busana muslim, organisasi mode, dan pihak terkait lainnya untuk menciptakan sebuah program besar yang akan menjadikan Indonesia sebagai pusat modest fashion dunia. Dalam visinya, kolaborasi antara sektor swasta dan pemerintah akan menjadi kunci untuk mencapai cita-cita besar ini dan membuktikan bahwa Indonesia mampu bersaing di panggung modest fashion global. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.