Kamis, 9 Februari 23

Deradikalisasi Pemuda Juga Dilakukan Oleh Pemuda

Deradikalisasi Pemuda Juga Dilakukan Oleh Pemuda
* Dialog Deradikalisasi Kaum Muda di Kemenpora (baron)

Jakarta, Obsessionnews- Pemuda adalah masa depan bangsa karena itu jangan sampai terkena paham radikal yang bisa mengancam persatuan bangsa.

Deputi II Menteri Pemuda dan Olahraga, Sakhyan Asmara di kantor Kemenpora Senayan, hari ini mengaku prihatin dengan maraknya penyebaran pengaruh radikal agama pada kaum muda.

Pada saat membuka diskusi kebangsaan tentang Deradikalisasi kaum muda yang diselenggarakan oleh Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI), Sakhyan menegaskan pentingnya peran KNPI dalam menghalau radikalisme agama di Indonesia.

Turut hadir dalam diskusi ini adalah Mohammad Khoiron dari Komnas HAM, Maman Imanul Haq dari DPR RI, Luluk Hadimah selaku Sekretaris Jendral Perempuan Bangsa, Sydney Jones, pakar terorisme serta AKBP Jajang Hasan Basri, Kepala Operasi Binmas Polda Metro Jaya.

Maman Imanul Haq mengatakan salah satu cara pemuda menjadi radikal adalah membaca tulisan tentang radikalisme yang bertebaran di internet, sumbernya tidak jelas.

Menurut Imam, polisi seharusnya lebih reaktif terhadap hal ini, karena adanya surat edaran Kapolri mengenai penindakkan hate speech (ajaran kebencian).

Jajang berkilah, Polda Metro Jaya bukannya lambat mengatasi masalah ini, tapi takut salah bertindak. Pihaknya selalu menunggu instruksi dari Kementerian Agama untuk menindak ormas-ormas mengatasnamakan agama yang  radikal dan ingin merubah ideologi negara.

Dilapangan, masih ada kebingungan aparatnya untuk melakukan penindakan, Standar Operational Procedural juga masih belum dipahami oleh anggotanya. (baron)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.