Jumat, 13 Desember 19

Dengan Pendekatan Ecotourism Potensi Wisata Sulut Terjaga

Dengan Pendekatan Ecotourism Potensi Wisata Sulut Terjaga
* Rombongan wartawan peserta "Promosi Pariwisata pada Media Nasional" ke Sulawasi Utara. (Foto: Dok Kemenparekraf)

Jakarta, Obsessionnews.com – Pariwisata Sulawesi Utara dikenal sebagai destinasi berbasis ecotourism karena potensi kekayaan alamnya yang tinggi sehingga menjadi daya tarik pariwisata yang kuat bagi wisatawan.

Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Steven Octavianus Estefanus Kandouw mengatakan, kekayaan alam di Sulawesi Utara tidak hanya keindahan bawah laut, tapi juga danau, gunung, serta budaya masyarakatnya.

“Sulawesi Utara tidak hanya ingin diidentikkan sebagai Bunaken saja, kami memiliki banyak tempat indah lainnya seperti Likupang dan Pulau Lembeh,” ujar Steven dalam keterangan tertulis dari Kemenparekraf yang diterima obsessionnews.com, Sabtu (30/11/2019).

Selain itu, Sulut juga memiliki gunung dan danau. “Sehingga kami ingin pariwisata Sulut dikenal berbasis ecotourism,” tambahnya.

Menurut Steven, pendekatan ecotourism akan membuat semua potensi itu terjaga atau dengan kata lain kekayaan dan keragamannya lestari hingga generasi selanjutnya. Sehingga multiplier effect yang muncul dari kehadiran wisatawan asing maupun lokal di Sulut dapat mendorong laju pertumbuhan ekonomi di daerah hingga nasional.

“Pemerintah juga mendorong Kabupaten dan Kota untuk menciptakan berbagai event guna menarik wisatawan,” ungkapnya.

Sementara itu, Sekretaris Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran II Kemenparekraf Masruroh menjelaskan, Kemenparekraf memiliki lima program quick win dalam meningkatkan tingkat kunjungan wisatawan mancanegara.

“Satu di antaranya adalah mengakselerasikan mega event nasional,” ujarnya.

Dengan begitu, Kenparekraf menginginkan pada 2020 diselenggarakan event-event yang lebih bermutu dan berskala internasional di lima destinasi super prioritas, yang salah satunya adalah di Likupang, Sulut.

Dengan sentuhan kreatifitas yang mampu memberdayakan masyarakat setempat, mengangkat citra destinasi prioritas, dan daerah serta reputasi bangsa Indonesia.

“Keberadaan destinasi super prioritas Likupang dipastikan akan semakin memperkuat daya tarik pariwisata Sulawesi Utara,” tutup Masruroh.

Seperti diketahui, Steven menerima rombongan wartawan peserta “Promosi Pariwisata pada Media Nasional” dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Kantor Gubernur Sulawesi Utara, Manado, Sulawesi Utara. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.