Kamis, 9 Februari 23

Demokrat Punya Tiga Pilihan Politik Jelang Pilpres 2019

Demokrat Punya Tiga Pilihan Politik Jelang Pilpres 2019
* Agus Hermanto kanan bersama Syarief Hasan tengah, dan Agus Harimurti Yudhoyono kiri.

Jakarta, Obsessionnews.com – Partai Demokrat sampai ini belum memutuskan sikap politiknya dalam menghadapi Pilpres 2019. Sementara partai yang lain mayoritas sudah menentukan sikap politiknya, yakni mendukung Joko Widodo (Jokowi) serta ada juga yang konsisten mendukung Prabowo Subianto.

Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Agus Hermanto mengungkapkan, partainya masih belum membahas terlalu jauh tentang sikap politik jelang Pilpres 2019. Kemungkinan ada tiga pilihan yang akan diambil, yakni mendukung poros ketiga, mendukung incumbent atau pasangan lain.

“Yang jelas hari ini belum ada keputusan. Ini masih di dalam beberapa pilihan. Memang pilihannya bisa membentuk poros ketiga juga bergabung dengan incumbent atau pasangan lain,” ujar Agus di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (6/4/2018).

Menurut Agus, internal partai masih terus berkoordinasi. Secara perolehan kursi, Demokrat sangat mungkin membentuk poros ketiga jika mampu mendapat kesepakatan dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Amanat Nasional (PAN).

Sebab, hingga saat ini ketiga partai tersebut belum menentukan siapa pasangan calon yang akan didukung. Sedangkan PDI-P, Golkar, PPP, Hanura, dan Nasdem telah menyatakan dukungan kepada Presiden Jokowi. Sementara Gerindra dan PKS kemungkinan besar akan berkoalisi mengusung Prabowo Subianto.

“Sampai hari ini Partai Demokrat masih terus berkoordinasi. Masih belum menentukan apakah itu harus poros ketiga, apakah harus pilihannya kepada yang lain. Setelah berkoordinasi tentunya akan ada keputusan. Setelah ada keputusan itulah yang kami anggap sebagai keputusan valid,” katanya. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.