Jumat, 29 Maret 24

Breaking News
  • No items

Demokrat Kalah Main Dengan PAN

Demokrat Kalah Main Dengan PAN
* Arya Fernandes

Jakarta, Obsessionnews – Pengamat politik dari Centre for Strategic and International Studies (CSIS) Arya Fernandes menilai, semenjak pelaksanaan Pemilu 2014 selesai, Partai Demokrat seperti kehilangan kepercayaan diri, di hadapan partai-partai lain. Bahkan, sampai saat ini Demokrat tidak memiliki posisi daya tawar.

Sebab, keputusannya politik untuk menjadi partai penyeimbang ‎tidak pernah dikelola dengan baik oleh Demokrat. Hal ini kata Arya, berbeda dengan Partai Amanat Nasional (PAN), di tangan Zulkifli Hasan, PAN mampu menampilkan perannya sebagai partai yang memiliki posisi strategis.

“Sebagai partai penyeimbang PAN lebih cerdas memainkan isu dibanding Demokrat‎,” ujarnya di DPR, Kamis (7/5/2015).

Menurutnya, ‎fakta itu bisa diliat ketika PAN mampu menghadirkan semua elemen dari elit partai di Koalisi Indonesia Hebat (KIH) dan juga di Koalisi Merah Putih (KMP) pada saat Rakornas PAN yang berlangsung pada Rabu malam (5/5/2015). Bahkan Presiden Joko Widodo hadir dalam acara tersebut.

Sementara Demokrat, jelang pelaksanaan Kongres pada 11 Mei 2015, justru terlihat sibuk dengan persoalan di internal. Disatu sisi elit partainya masih mendewakan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sebagai ketua umum, sedangkan ditingkat pengurus bawah banyak yang menghendaki SBY untuk tidak dicalonkan sebagai Ketum. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.