Selasa, 30 November 21

Demokrat Jateng Mundur Dari Konggres Jika SBY Tak Jadi Ketum

Demokrat Jateng Mundur Dari Konggres Jika SBY Tak Jadi Ketum
* Yoyok Sukawi

Semarang, Obsessionnews – Konggres Partai Demokrat segera digelar pada 11-13 Mei 2015 di Surabaya. Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) masih menjadi kandidat calon ketua umum (ketum) terkuat. Meski sosok lain seperti Gede Pasek Suardika dan Marzuki Ali terang-terangan mencalonkan diri menantang SBY.

Alamsyah Sukawijaya atau lebih dikenal Yoyok Sukawi selaku Anggota Fraksi Demokrat dari DPD Jateng mengatakan, tidak ada figur selain SBY yang mampu mengayomi seluruh anggota Partai Demokrat.

“Beliau (SBY) itu dikenal warga Indonesia, tokoh nasional itu yang pertama. Yang kedua beliau didukung 79 persen rakyat Indonesia. Kalau SBY saja didukung rakyat, kenapa partai tidak mendukung?” tuturnya.

Ia merasa SBY selaku tokoh nasional dalam internal partai memiliki pengaruh kuat. Terkait akan demokrasi pemilihan ketum, Yoyok berujar justru dengan terpilihnya SBY merupakan perwujudan nilai-nilai demokrasi dalam partai Demokrat.

“Justru mestinya kalau semua (anggota partai) menghormati keputusan mufakat yang sudah disepakati dalam partai Demokrat. Wong kita itu sangat berdemokrasi kok. Semua setuju SBY, masak ga dihormati?” terang Yoyok yang juga ketua Komisi E DPRD Jateng ini.

Terkait tantangan majunya Pasek dan Marzuki Ali sebagai calon ketua umum, Yoyok mengatakan partai Demokrat tetaplah memfasilitasi siapapun kandidat tersebut asalkan memiliki dukungan yang sesuai.

“Misalkan orang mau nyalon Bupati atau Walikota minimal dapat dukungan 20%, sama dengan di partai. Kita ada mekanisme pemilihan. Tetep difasilitasi tapi kalau tidak memenuhi syarat piye mas?”

Yoyok bahkan menegaskan bila sampai SBY tidak mau mencalonkan sebagai ketum, maka DPD Demokrat Jateng serempak akan mundur dari Demokrat. “SBY ndak mau saja, seluruh Indonesia boikot konggres. Demokrat itu SBY. Sampai sedemikian kami fanatik kepada SBY, mas.”

“Misal Demokrat diganti Pasek (ketum), silahkan. SBY buka partai Demokrat Perjuangan, kita semua lari kesana,” candanya.

Dilihat dari situs partai Demokrat memang bukan isapan jempol jika pengaruh SBY sedemikian besar. Sebanyak 34 Dewan Pimpinan Daerah (DPD) mulai dari Aceh hingga Papua Barat mendeklarasikan hanya SBY yang mampu membawa kejayaan partai Demokrat. (Yusuf IH)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.