Minggu, 29 Mei 22

Demo Tolak Vaksin Landa Uni Eropa, Belgia Rusuh

Demo Tolak Vaksin Landa Uni Eropa, Belgia Rusuh
* Demo rusuh di Belgia tolak vaksinasi. (Foto: Euronews)

Uni Eropa dilanda gelombang aksi demonstrasi besar-besaran menolak vaksinasi dan juga pemberlakuan pembatasan sosial.

Aksi demo terjadi di Ibu Kota Belgia, Brussels. Warga yang melakukan aksi unjuk rasa ini tidak hanya datang dari Belgia, namun juga dari wilayah lainnya seperti Perancis, Jerman dan wilayah Uni Eropa lainnya.

Aksi demo menolak vaksin dan aturan Covid-19 di Belgia tersebut berlangsung rusuh pada Minggu (23/1/2022). Massa pendemo melempar batu dan polisi menembakkan meriam air dan gas air mata.

Dikutip dari France24, pihak berwenang memperkirakan bahwa sekitar 50.000 orang berbaris di ibu kota Belgia, Brussels.

Aksi tersebut merupakan yang terbesar dalam serentetan protes di kota itu selama beberapa bulan terakhir.

Bentrokan pecah di dekat markas besar Uni Eropa ketika polisi menggunakan meriam air dan gas air mata untuk memukul mundur pengunjuk rasa yang melemparkan batu dan petasan.

Outlet berita RTL melaporkan bahwa demonstran bertopeng telah menghancurkan pintu masuk kaca ke kantor badan kebijakan luar negeri Uni Eropa.

Protes datang ketika gelombang Omicron menyebabkan infeksi mencapai rekor tertinggi di seluruh Eropa.

Para pengunjuk rasa membawa tulisan yang menentang Perdana Menteri Belgia Alexander De Croo dan pass Covid Safe yang menegaskan bahwa vaksinasi atau tes negatif diperlukan untuk masuk ke berbagai tempat.

Seorang demonstran, berdiri di atas panggung, menyuruh yang lain untuk mengangkat tangan, mengatakan bahwa para pengunjuk rasa tidak akan menyerah.

“Saya marah dengan pemerasan yang dilakukan pemerintah, sebagian besar untuk kaum muda tetapi untuk semua orang, tetapi sebagian besar untuk kaum muda, mereka benar-benar memaksa bahwa setiap orang harus mendapatkan vaksin,” kata Caroline van Landuyt, seperti dikutip dari Al Jazeera.

Sebelumnya, sebanyak lebih dari 100 ribu orang yang tergabung dalam kelompok anti vaksin sudah menggelar demonstrasi besar-besaran di kota-kota besar di Benua Eropa, Sabtu (8/1/2022) waktu setempat.

Melansir Al Jazeera, demonstrasi dilakukan dengan tujuan menentang rencana pemerintah beberapa negara di Eropa yang ingin membatasi hak-hak orang belum divaksin. Salah satu lokasi tujuan pengunjuk rasa hari ini adalah Paris, Prancis.

Di ibu kota Prancis itu, terpantau para pengunjuk rasa melakukan aksinya tanpa mengenakan masker. Aksi dilakukan meski hujan dan cuaca dingin terjadi di sana. (*/Trb/Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.