Kamis, 29 September 22

Demo Mahasiswa Protes Keputusan KPK Soal BG Tersangka

Demo Mahasiswa Protes Keputusan KPK Soal BG Tersangka

Jakarta – Penetapan tersangka Calon Kapolri Komjen Pol Budi Gunawan (BG) oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengundang protes kalangan mahasiswa yang tergabung dalam Solidaritas Aksi Mahasiswa Anti Demoralisasi (SAMAD).

Para mahasiswa yang berasal dari beberapa kampus di Jakarta ini menggelar aksi demonstrasi di depan ‎Gedung KPK, Kamis (22/1/2015). Mereka mengritisi segala keputusan hukum yang dikeluarkan oleh KPK, terutama terkait dengan penetapan BG sebagai tersangka terkait kasus dugaan gratifikasi rekening gendut.

Menurut Koordinator Aksi, Andi Kurnia, ada beberapa kesalahan dan kejanggalan yang dilakukan oleh KPK dalam penanganan kasus ini. Pertama, penetapan BG tidak melalui prosedur hukum yang jelas dengan lebih dulu memanggil saksi-saksi. Kedua, KPK tidak bisa menjelaskan kepada publik apa saja dua alat bukti untuk menjerat tersangka.

“Kami menganggap ada arogansi yang dilakukan Pimpinan KPK Abraham Samad dalam menetapkan BG (Budi Gunawan) sebagai tersangka, prosedur hukumnya tidak jelas‎. Padahal KPK adalah alat hukum bukan alat politik,” ujarnya di KPK.

Selain itu, para mahasiswa juga mempertanyakan penetapan tersangka Budi secara tiba-tiba dan mengejutkan. Sebab, keja‎dian itu terjadi pada saat menjelang hari H, dimana mantan Ajudan Presiden Megawati Soekarnoputri itu akan mengikuti uji kelayakan dan kepatutan di DPR pada 14 Januari 2015. (Albar)

Related posts