Sabtu, 28 November 20

Demo di DPR, PA 212 Minta Pembahasan RUU HIP Disetop Hingga Inisiator Dihukum

Demo di DPR, PA 212 Minta Pembahasan RUU HIP Disetop Hingga Inisiator Dihukum
* Massa PA 212 menggelar orasi. (Foto: detik)

Jakarta, Obsessionnews.com — Sejumlah perwakilan massa dari Persaudaraan Alumni (PA) 212 bersama ormas lainnya menggelar aksi unjukrasa di depan gedung parlemen, Senayan, Jakarta. Aksi ini menuntut supaya DPR dan pemerintah menghentikan pembahasan Rancangan Undang-Undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP).

“Tadi kita menyampaikan aspirasi 8 poin, yang mana kesimpulan dalam 8 poin itu kita minta RUU HIP disetop, tak ada istilah tunda-tunda. Satu kata, cabut, gugur, cor, masukkan ke laut jangan keluar lagi,” ujar salah satu perwakilan massa, Habib Hanif Alatas saat menyampaikan orasi di atas mobil komando, di Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Rabu (24/6/2020).

Selain meminta untuk menghentikan pembahasan RUU HIP, massa PA 212 juga meminta DPR mencari siapa pengusul RUU HIP. Hanif mengatakan pengusul RUU HIP itu harus dihukum.

“Kedua, nggak cukup hanya disetop, kita minta inisiator RUU HIP, khususnya pasal-pasal yang kontroversial yang mana mengandung makar terselubung, kita minta inisiatornya diproses hukum. Ternyata, kalau inisiatornya dari institusi partai, maka kita supaya partainya dibubarkan,” katanya.

Massa menggelar orasi di depan gedung Parlemen. Mereka lalu berinisiatif bertemu dengan tiga Wakil Ketua DPR RI, yakni Sufmi Dasco Ahmad, Azis Syamsuddin, dan Rachmat Gobel.

Di hadapan perwakilan massa, Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin menyebut pihaknya berkomitmen menyetop pembahasan RUU HIP. “Insyaallah ini (RUU HIP, red) akan kita setop,” kata Azis usai beraudiensi dengan perwakilan PA 212.

Azis menyebut nasib pembahasan RUU HIP saat ini berada di tangan pemerintah. Pimpinan DPR dari Fraksi Golkar itu memastikan, jika pemerintah telah mengirimkan surat mengenai penghentian pembahasan RUU HIP, DPR akan menindaklanjutinya.

“Posisinya sekarang kan lagi di pemerintah. Tentu, nanti saat pemerintah mengambil sikap yang telah disampaikan oleh Pak Mahfud Md itu akan disetop. Nanti surat itu akan menjadi mekanisme pembahasan di DPR sesuai tatib. Tentu kita akan melalui rapim, kemudian ke Bamus dan bawa ke paripurna untuk menyampaikan komitmen melakukan penyetopan ini,” papar Azis.

Menurut perwakilan PA 212, pimpinan DPR juga berkomitmen mengusut inisiator RUU HIP tersebut. Terkait hal itu, Azis menuturkan pimpinan DPR akan menelusuri proses pengusulan RUU tersebut.

“Tadi aliansi menyampaikan meminta inisiator diusut. Kami akan menelusuri. Pimpinan tadi menyepakati untuk melihat notulensi, rekaman dan lain sebagainya, bagaimana proses pembuatan, dari naskah akademis menjadi RUU, sampai muncul Pasal 7 dan Pasal 5 ayat 1,” terang Azis. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.