Selasa, 21 September 21

Demi Jaga Hubungan, KPK Minta Kejagung Tak Tahan Novel

Demi Jaga Hubungan, KPK Minta Kejagung Tak Tahan Novel
* Novel Baswedan

Jakarta, Obsessionnews – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menghormati keputusan Bareskrim Polri menyerahkan Kompol Novel Baswedan ke Kejaksaan Agung. Sebagai prosedur hukum hal itu dianggap wajar karena berkas penyidikan Novel sudah dinyatakan lengkap atau P21.

“Kami mengikuti prosedur KUHAP bahwa pelimpahan P-21 ke Kejaksaan Agung,” ujar Pelaksana Tugas Wakil Ketua KPK Indriyanto Seno Adjie saat dikonfirmasi wartawan, Kamis (3/12/2015).

Akan tetapi menurut Indriyanto, Kejaksaan tidak perlu melakukan penahanan terhadap penyidik senior KPK itu. Demi saling menjaga keharmonisan antar dua lembaga penegak hukum, Kejagung diharapkan bisa mengikuti langkah Polri yang tidak menahan Novel selama proses penyidikan berlangsung.

“Memang harapkan tidak ada penahanan terhadap Novel demi mempertahankan hubungan kelembagaan yang memang kondusif,” kata pria yang suka disapa Anto itu.

Bareskrim Polri resmi menyerahkan penyidik KPK Novel Baswedan, beserta barang bukti ke jaksa penuntut umum. Novel disangka melakukan tindak pidana penganiayaan yang mengakibatkan luka berat seseorang di Pantai Panjang Ujung, Kota Bengkulu, 18 Februari 2004, dengan pelapor Yogi Hariyanto.

Kasus itu terjadi ketika Novel menjabat Kepala Satuan Reserse Kriminal (Kasatserse) Polres Bengkulu. Dia diduga terlibat dalam kasus kekerasan oleh polisi terhadap para pelaku pencurian sarang walet di Bengkulu. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.