fbpx

Kamis, 21 Februari 19

Debat Capres Kedua, Ini Jurus Jokowi dan Prabowo

Debat Capres Kedua, Ini Jurus Jokowi dan Prabowo
* Capres Jokowi dan Prabowo. (foto: tribunstyle.com)

Jakarta, Obsessionnew.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) kembali akan menggelar debat capres kedua Pilpres 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2/2019). Tema debat capres kedua Pilpres 2019 yang kembali mempertemukan Capres Jokowi dan Prabowo ini akan membahas energi dan pangan, sumber daya alam dan lingkungan hidup, dan infrastuktur.

Debat ini akan disiarkan secara live empat stasiun TV, yakni  RCTI, GTV, MNC TV dan iNews TV dan dipandu oleh dua moderator, yakni Anisha Dasuki dan Tommy Tjokro.

 

Baca juga:

Ini Berbagai Gebrakan Pemerintahan Jokowi Jaga Kekayaan Laut Indonesia

Ini 5 Poin Dukungan Alumni SMA Jakarta Bersatu Kepada Jokowi

Jokowi Keliling Swafoto Bersama Massa Alumni SMA Se-Jakarta

 

Dalam debat ini, kedua kubu Jokowi dan Prabowo sudah siap dengan materi yang akan diperdebatkan dan memiliki jurus andalan untuk saling menyerang. Jurus andalan Jokowi yang akan dipakai untuk debat capres kedua mendapat masukan dari Tim Ahli Ekonomi.

Direktur Komunikasi Politik Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Usman Kansong mengungkapkan, Wakil Ketua Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) Arif Budimanta masuk jajaran tim ahli ekonimi. Menurut Usman, Juru Bicara TKN Jokowi-Ma’ruf itu bakal berperan banyak karena tema debat kedua berkaitan dengan bidangnya.

Ada juga ahli ekonomi dari PDI Perjuangan yang bakal membantu persiapan debat. Dia adalah Ketua DPP PDI Perjuangan Hendrawan Supratikno. Nama-nama ahli lain yang dilibatkan dalam tim ahli, yaitu anak menteri KLHK Emil Salim, Roosdinal Salim, politikus PSI dan mantan tim transisi KLHK Agus Sari dan mantan Direktur Eksekutif Walhi Emmy Hafild yang juga politisi Nasdem. Mereka memberikan masukan soal lingkungan.

Ada juga nama politisi Golkar Misbakhun yang dipercaya memberikan masukan soal infrastruktur. Dan politisi Hanura Inas Nasrullah yang ahli di bidang energi. Juga ada masukan dari Serikat Petani Indonesia untuk masalah pangan.

Sementara untuk materi Keberhasilan Atasi Kebakaran Hutan, Capres petahana ini akan mengangkat keberhasilan terkait penegakan hukum dalam kasus lingkungan hidup. Salah satunya penanganan kasus pembakaran hutan. Politisi Partai Solidaritas Indonesia, yang tergabung dalam tim ahli debat kedua, Agus Sari mengatakan rekam jejak pemerintahan Jokowi dalam bidang tersebut lumayan berhasil. Hal itu diungkapkan oleh Agus pada Rabu (30/1). Dia juga menjelaskan Jokowi akan menyiapkan harga dan ketersediaan energi merata sebagai bahan debat.

Namun sebaliknya, Badan Pemenangan Nasional (BPN) gunakan strategi bertahan di debat Capres Kedua ini. Wakil Ketua BPN Ahmad Muzani mengatakan, Prabowo Subianto tidak akan mengubah gaya dalam debat capres-cawapres tahap kedua ini. Prabowo akan mempertahankan gaya bertahan sama seperti debat perdana.

Menurut Muzani, Prabowo memiliki prinsip sendiri dengan tidak menyerang lawannya dalam debat tersebut. Wakil Ketua MPR ini juga mengatakan, Prabowo tidak ingin menang dengan menyombongkan dirinya sendiri dalam debat.

“Beliau ingin menang tidak ingin dengan cara menepuk dada atau dengan kesombongan sehingga inilah yang prinsip-prinsip yang terus beliau pegang teguh saya kira perdebatan kedua dengan tema ini pun tetap akan menjunjung tinggi integrity,” ungkapnya.

Selain itu dalam debat kedua ini BPN akan memanfaatkan masukan dari Ekonom Kwik Kian Gie. Kwik bakal menjadi sosok penting yang akan memberikan masukan bagi Prabowo. Kwik menjadi pembisik Prabowo untuk debat kedua. Mantan Menteri Ekonomi tersebut sebelumnya juga telah ditunjuk menjadi Penasihat Ekonomi Prabowo-Sandi.

Prabowo dan Sandiaga menegaskan komitmennya, mengembalikan Sumber Daya Alam (SDA) dan lingkungan hidup sesuai UUD 1945 Pasal 33. Sandiaga, Kwik maupun Prabowo sama-sama meyakini bahwa bumi, air dan kekayaan di dalamnya untuk kesejahteraan rakyat. Nantinya tidak ada lagi penguasaan SDA hanya untuk segelintir orang, kelompok maupun Golongan tertentu.

Sementara itu, Para panelis dan moderator debat kedua capres menandatangani fakta integritas. Penandatanganan ini disaksikan langsung Ketua KPU, Arief Budiman dan komisioner Hasyim Asy’ari.

Arief menyampaikan penandatanganan ini salah satu tahapan yang berbeda dibanding tahapan debat sebelumnya. Ini sebagai jawaban KPU atas tuntutan publik agar debat capres nanti berlangsung lebih menarik.

“Tuntutan publik cukup besar kepada kami untuk membuat debat kedua lebih menarik dan lebih substansial dan debat ini mampu mengirimkan pesan apa program, visi misi dari masing-masing pasangan calon,” jelas dia di Hotel Sari Pacific, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Sabtu (9/2).

Di debat kedua nanti, KPU dituntut merahasiakan pertanyaan yang diajukan kepada capres dan cawapres. Ini menjadi salah satu alasan penandatanganan pakta integritas dilakukan. Bahkan panelis dan moderator juga dituntut agar disumpah namun hal itu dinilai tak perlu. KPU berpandangan bahwa ketika dilantik jadi anggota sudah disumpah bekerja profesional, jujur, adil, berintegritas.

“Maka kami yakinkan kepada publik bahwa orang-orang yang kami pilih juga dengan dasar-dasar itu; profesionalitas, integritas yang dimiliki tokoh-tokoh besar ini,” jelas Arief.
Ia percaya tokoh-tokoh besar ini tidak akan merelakan kredibilitas dan integritasnya untuk tidak melaksanakan tugas secara baik. Sehingga KPU memandang tidak perlu diambil sumpah. “Tapi menyatakan komitmen dalam sebuah pakta integritas menurut kami sudah cukup,” lanjut Arief.

Arief juga berharap panelis maupun moderator dapat melaksanakan komitmen yang tertuang dalam fakta integritas itu.

Sementara itu dua moderator debat capres adalah Tommy Tjokro dan Anisha Dasuki. Sedangkan jumlah panelis yang direncanakan 8 orang kini menjadi tujuh lantaran satu orang mengundurkan diri. Untuk koordinator panelis sendiri adalah Sudarto Prawoto Hadi.

Berikut Fakta Integritas untuk moderator debat:

1. Secara bersungguh-sungguh akan melaksanakan tugas dan kewajiban sebagai moderator debat kedua secara profesional, efektif dan efisien serta memberikan perlakuan adil dan proporsional kepada peserta debat.

2. Memiliki integritas tinggi, jujur, simpatik dan tidak memihak kepada salah satu paslon dengan:

a. Tidak menjadi anggota parpol

b. Tidak menjadi anggota tim atau pelaksana kampanye pasangan calon.

c. Tidak sedang menduduki jabatan sebagai anggota ahli tim atau sebutan lain yang bertugas atau membantu pada pemerintahan termasuk kementerian, lembaga kepresidenan dan wakil presiden.

d. Tidak pernah terlibat atau menjadi anggota pada organisasi dilarang dalam NKRI.

3. Tidak melakuakn permintaan dan perjanjian dalam bentuk apapun baik langsung ataupun tidak yang bertentangan dengan prinsip-prinsip Pemilu yang jurdil.

4. Tidak akan membocorkan materi pertanyaan, isu strategis debat kepada siapapun dan pihak manapun.

Isi Fakta integritas panelis:

1. Secara bersungguh-sungguh akan melaksanakan tugas dan kewajiban sebagai panelis debat kedua secara profesional, efektif dan efisien:

a. Memperdalam dan menggali tema yang telah ditetapkan yaitu energi dan pangan, SDA dan lingkungan hidup serta infrastruktur.

b. Menyatakan menyusun materi pertanyaan isu strategis yang akan disampaikan oleh moderator kepada peserta debat.

2. Memiliki integritas tinggi, jujur simpatik dan tidak memihak kepada salah satu paslon dengan:

a. Tidak menjadi anggota parpol

b. Tidak menjadi anggota tim atau pelaksana kampanye paslon

c. Tidak sedang menduduki jabatan sebagai anggota ahli tim atau sebutan lain yang bertugas atau membantu pada pemerintahan termasuk kementerian, lembaga kepresidenan dan wakil presiden.

d. Tidak pernah terlibat atau menjadi anggota pada organisasi yang dilarang dalam NKRI.

3. Tidak melakuakn permintaan dan perjanjian dalam bentuk apapun baik langsung ataupun tidak yang bertentangan dengan prinsip-prinsip Pemilu yang jurdil.

4. Tidak akan membocorkan materi pertanyaan, isu strategis debat kepada siapapun dan pihak manapun.

Berita tentang jadwal debat capres menjadi trending topic di mesin pencari google. Pantauan obsessionnews.com di Google Trends wilayah Indonesia pada Senin (11/2) hingga pukul 10.03 kata kunci Jadwal Debat Capres ditelusuri lebih dari 5.000 kali. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.