Rabu, 24 April 24

Debat Capres Jokowi Lebih Agresif, Ini Buktinya

Debat Capres Jokowi Lebih Agresif, Ini Buktinya
* Jokowi dan Ma'ruf Amin dalam debat capres (Foto: bisnis.com)

Jakarta, Obsessionnews.com – Debat pertama capres sudah berlangsung di Jakarta, Kamis (17/1/2019) malam. Hasilnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dinilai lebih agresif dibanding calon lain. Dalam berdebat Jokowi banyak menggunakan data.

“Komunikasi dalam debat capres putaran pertama cukup mengejutkan karena petahana lebih cenderung agresif dan emosional ketimbang penantang yang lebih santai,” kata Analis politik Voxpol Center Research and Consulting Pangi Syarwi Chaniago dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (18/1/2019).

Pangi mengatakan bahwa Prabowo selaku penantang tidak memanfaatkan momentum politik untuk menyerang kebijakan Jokowi yang dianggap gagal. Padahal forom itu dianggap sangat penting untuk menguliti kecurangan lawan.

“Jadi, petahana lebih agresif, sementara sang penantang seperti tidak punya beban dan ‘enjoy’,” kata Pangi.

Pangi menilai dalam aspek penguasaan masalah, kedua kandidat masih belum mampu menunjukkan kapasitas atau performa terbaiknya lantaran dalam beberapa segmen keduanya menjawab di luar konteks dan tidak menjawab inti persoalan.

Sementara itu, dari sisi program kerja, Prabowo dan Jokowi juga belum menawarkan program kerja yang nyata.
“Bahkan, petahana sendiri terkesan memosisikan diri sebagai pendatang baru dengan visi baru, padahal seharusnya hanya cukup melanjutkan saja program sebelumnya jika memang dianggap sukses,” ucap Pangi.

Di sisi lain, Pangi merasa cawapres Ma’ruf Amin belum terlalu banyak membantu Jokowi dalam debat. Ma’ruf lebih banyak diam.TKN sendiri sebelumnya menyatakan bahwa Ma’ruf memang sengaja difokuskan untuk menjawab seputar isu terorisme.

Pangi menilai penampilan cawapres pasangan Jokowi itu justru berbanding terbalik dengan cawapres pendamping Prabowo, Sandiaga Uno, yang dapat memaksimalkan waktu tersisa acap kali Prabowo selesai menjawab.

“Peran berbagi terkesan pada pasangan calon nomor urut 02 sehingga Prabowo tidak dicap terlalu mendominasi,” kata Pangi. (Albar)

 

Baca juga:

Debat Capres, Romahurmuziy: Prabowo Sempat Salah Tingkah

Tak Hadiri Debat, SBY Dukung Prabowo-Sandiaga Setengah Hati?

Jokowi-Ma’ruf Janji Perkuat Ekonomi Umat

Petuah Ibunda kepada Jokowi: Mengabdi untuk Bangsa, Meraih Ridha Allah

Jokowi Bekerja Cepat untuk Rakyat

Diplomasi ‘Kopi’ Ala Jokowi

Jokowi Pertaruhkan Jabatan untuk Perbaikan Bangsa

Jokowi Minta Prabowo Tak Asal Tuduh Soal Penegakan Hukum

Jokowi Ingin Bawa Indonesia Maju dengan Optimisme

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.