Sabtu, 25 September 21

DBD di Bandung Mewabah, Pemkot Kerahkan Fogging

DBD di Bandung Mewabah, Pemkot Kerahkan Fogging
* Ahyani

Bandung, Obsessionnews – Pemerintah Kota Bandung mengerahkan pasukan fogging untuk mengantisipasi semakin mewabahnya Demam Berdarah Dengoe(DBD). Penegasan tersebut disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung dr. Ahyani Raksanagara, Selasa (26/5).

Menurut Ahyani DBD tidak mengenal status sosial, baik masyarakat biasa, dokter, swasta, pejabat dan lain-lain. Dinas Kesehatan Kota Bandung tetap melakukan fogging atau penyemprotan di 5-6 titik tiap harinya. “Jadi fogging itu hanya mematikan nyamuk yang besar saja, jentiknya tetap hidup,” ujarnya.

Ia menjelaskan semakin sering di fogging dilakukan di suatu daerah, maka semakin kebal nyamuk tersebut, sehingga tidak baik juga keseringan di fogging. Yang paling baik ujar Ahyani masyarakat kota Bandung harus terus menerus mengadakan gerakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) plus.

“Plusnya bisa digunakan lotion, minyak telon dan lain-lain agar menghindari gigitan nyamuka aides aigypte betina yang kakinya belang-belang,” imbuhnya.

Warga masyarakat juga harus tetap menjaga lingkungan dengan mengadakan kerjabakti setiap seminggu sekali. Untuk yang sudah terindikasi banyak nyamuk di daerahnya, maka sesegera mungkin melaporkan ke Puskesmas terdekat untuk kemudian diperiksa dan disurvey sebelum layak atau tidaknya dilakukan fogging.

Menurutnya, pada masa peralihan cuaca seperti ini dihimbau untuk banyak mengkonsumsi makanan berprotein, banyak makan buah-buahan serta minum air putih sebanyak-banyaknya. Hal itu dilakukan agar tidak terjadi penggumpalan darah.

“Bila anak-anak kita sudah mengalami demam tinggi, mual serta pusing harus cepat ke dokter terdekat atau Puskesmas,” tandasnya.

Bila perlu kita akan terjunkan mobil URV untuk menyemprotkan fogging ke beberapa wilayah, tanpa harus masuk ke rumah-rumah. Ditandaskan Ahyani, tidak ada pungutan biaya dalam penyemprotan atau fogging, begitupun abate untuk bak kamar mandi yang didapat dari Puskesmas semuanya gratis.

Pemberantasan sarang nyamuk dengan Menguras, Menutup dan Mengubur (3M) sarang nyamuk, sehingga tidak ada sarang bagi nyamuk untuk tinggal di tempat tersebut. Meski mewabahnya tidak terlalu tinggi seperti tahun-tahun sebelumnya yakni pada November 2014 mencapai 129 dan Desember 71 penderita sementara sepanjang 2015 ini ada 63 penderita, namun kewaspadaan harus tetap dilakukan.

“Ciri-ciri gejala terjangkit DBD panas tinggi yang datang secara tiba-tiba selama 2 hingga 7 hari dengan suhu badan mencapai 38-40 derajat celcius atau bahkan lebih,” terangnya.

Kemudian kulit nampak bintik-bintik merah. Terkadang penderita penyakit DBD mengalami mimisan, muntah darah atau berak darah. Tes Torniquet menunjukkan hasil yang positif. Terjadi pendarahan yang petekia, purpura atau akimosis.

Menurutnya terkadang ulu hati terasa nyeri karena terjadi pendarahan pada lambung. Bila penyakit demam berdarah pada fase yang dapat dikatakan parah, penderita akan mengalami kegelisahan. Ujung tangan serta kaki berkeringat dingin, trombositomenia 100.000 per mm3. Terjadi pembesaran pada plasma yang identik dengan kenaikan dinding pembuluh darah.

Ahyani menjelaskan pertolongan pertama yang dapat dilakukan untuk penderita DBD adalah memberi minum sebanyak mungkin kepada penderita, kompres untuk menurunkan panas, memberikan obat penurun panas kepada penderita DBD. Bawa segera ke dokter apabila dalam 3 hari panas tak kunjung turun serta ikuti saran dokter. (Dudy Supriyadi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.