Rabu, 20 Oktober 21

Daun Pandan Bisa Bikin Kulit Wajah Cantik

Daun Pandan Bisa Bikin Kulit Wajah Cantik
* Masker daun pandan. (MT/ist)

Daun pandan tak hanya memberikan aroma wangi, namun juga bisa membuat makanan dan minuman memiliki warna hijau alami yang cantik.

Tanaman ini juga menyimpan sederet manfaat untuk kesehatan. Tentunya hal tersebut tidak terlepas dari berbagai nutrisi yang dimiliki daun pandan. Kemudian juga ada berbagai jenis senyawa, seperti flavonoid, polifenol, saponin, glikosida, dan alkaloid.

Tidak hanya untuk kesehatan saja, daun pandan juga bermanfaat untuk mendukung kecantikan. Bahkan tanaman berwarna hijau ini banyak digunakan untuk membuat beragam produk kecantikan, seperti lotion, body scrub, masker, ice balm, dan serum wajah.

Jadi, bagi para perempuan penting sekali untuk tahu apa saja manfaat daun pandan bagi kecantikan. Berikut manfaat daun pandan untuk kecantikn kulit wajah.

Menghilangkan Komedo dan Mengangkat Sel Kulit Mati

Menghilangkan Komedo
Manfaat daun pandan bagi kecantikan bisa untuk menghilangkan komedo. Keberadaan komedo menjadi masalah tersendiri karena bisa merusak penampilanmu. Jika komedo hanya didiamkan saja tanpa diberi tindakan, maka bisa menimbulkan efek buruk berupa infeksi. Di mana kulit akan menjadi kemerahan dan muncul jerawat.

Untuk mengatasinya, Anda bisa menjadikan daun pandan sebagai masker. Lalu campurkan dengan madu, pisang, dan minyak zaitun. Campurkan semua bahan sampai kental dan oleskan ke wajah. Diamkan sekitar 15 menit dan cuci dengan air dingin.

Mengangkat Sel Kulit Mati
Manfaat daun pandan lainnya untuk kecantikan adalah bisa mengangkat sel kulit mati. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda bisa menjadikan daun pandan sebagai scrub. Cara membuatnya mudah sekali. Anda hanya perlu menghaluskan daun pandan.

Kemudian campurkan dengan madu dan minyak zaitun. Jika sudah tercampur, gunakanlah untuk menggosok kulit di tubuhmu dengan gerakan melingkar. Lalu diamkan sejenak sekitar 3 menit. Barulah bisa Anda bilas dengan menggunakan air dingin.

Menghilangkan Flek Hitam dan Mengeksfoliasi Kulit

Menghilangkan Flek Hitam
Manfaat daun pandan untuk kecantikan juga bisa menghilangkan flek hitam. Keberadaan flek hitam di wajah bisa membuat Anda tidak percaya diri. Untuk memusnahkannya, Anda bisa menggunakan daun pandan. Caranya sangat mudah, yakni dengan membuat masker dari air perasan daun pandan yang dicampur madu murni, jeruk nipis, pisang, dan minyak zaitun. Lalu Anda oleskan sampai rata di wajah dan usahakan melakukannya secara rutin sebanyak tiga kali dalam seminggu.

Mengeksfoliasi Kulit
Daun pandan dipercaya mampu untuk membantumu meregenerasi kulit. Hal ini karena daun pandan mempunyai sifat eksfoliator yang akan mengangkat sel kulit mati di kulit wajah maupun tubuh Anda. Cara menggunakannya adalah dengan mencampurkan daun pandan, madu, dan minyak zaitun.

Lalu gosokkan di kulit dengan gerakan melingkar. Anda juga harus mendiamkannya selama 3 menit. Baru setelah itu Anda bisa membersihkannya. Perlu diketahui agar Anda tidak melakukannya secara sering-sering agar kulit Anda tidak tipis. Cukup satu kali saja dalam seminggu.

Membantu Detoksifikasi dan Mencegah Penuaan Dini

Membantu Detoksifikasi
Tubuh bisa saja dimasuki oleh racun yang jika menumpuk bisa memicu munculnya berbagai penyakit. Oleh karena itu, diperlukanlah proses detoksifikasi untuk membersihkan racun di tubuh. Proses detoks bisa dilakukan secara alami dengan menggunakan daun pandan.

Hal ini karena daun pandan mampu untuk membersihkan hati atau liver dari adanya racun. Selain itu, proses detoks juga bisa membuat kulit Anda lebih sehat dan bercahaya.

Mencegah Penuaan Dini
Manfaat daun pandan berikutnya bagi kecantikan adalah mencegah penuaan dini. Biasanya penuaan dini ditandai dengan munculnya kerutan di wajah dan wajah yang tampak kusam. Hal ini terjadi karena serangan radikal bebas yang berbahaya. Namun, daun pandan memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi.

Kandungan inilah yang ampuh untuk melawan serangan radikal bebas dan akan mempercepat proses regenerasi sel-sel untuk menghambat penuaan dini. Untuk menggunakannya, Anda hanya perlu menghaluskan daun pandan dan menjadikannya sebagai masker wajah.

Mengatasi Ketombe dan Mencegah Rambut Rontok

Mengatasi Ketombe
Bagi Anda yang memiliki masalah ketombe, tentu menimbulkan rasa gatal di kepala. Untuk mengatasinya, Anda bisa memanfaatkan daun pandan. Karena tanaman ini tergolong efektif untuk menangani ketombe yang membuatmu tidak nyaman.

Cara menggunakannya adalah dengan menghaluskan daun pandan. Lalu dicampur dengan air secukupnya. Kemudian aplikasikan ke semua bagi kulit kepala dan diamkan selama 30 menit lalu dibilas. Usahakan menggunakannya secara teratur untuk dapatkan hasil yang maksimal.

Mencegah Rambut Rontok
Manfaat daun pandan bisa untuk mencegah rambut rontok. Karena kerontokan rambut yang terjadi terus-menerus bisa membuat kepalamu botak. Untuk menghindarkanmu dari kondisi ini, kamu bisa menyediakan 1 lembar daun pandan, 10 daun kembang sepatu, 10 bunga melati, dan 1 bunga mawar.

Lalu, berikan juga secangkir minyak kelapa, minyak wijen, dan minyak kemiri. Semua bahan perlu Anda rebus hingga mendidih dan disaring. Oleskan ke rambut dan kulit kepala sampai rata saat malam hari sebelum tidur. Jadikan hal ini sebagai rutinitas minimal sebanyak 2 sampai 3 kali dalam seminggu. (Bola/Dream/Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.