Selasa, 24 November 20

Daun Kelor Bisa Hambat Virus Corona

Daun Kelor Bisa Hambat Virus Corona
* Daun kelor

Oleh: Prof. Veni Hadju

Dekan FKUI Prof Dr dr Ari Fahrial Syam mengumumkan pada Jumat 13 Maret 2020 bahwa telah ditemukan beberapa senyawa pada bahan alam yang efektif untuk menghambat penyebaran virus Corona. Senyawa tersebut adalah hesperidin, rhamnetin, kaempherol, kuersetin, dan myricetin.

Senyawa-senyawa tersebut banyak terdapat pada buah jambu biji (daging buah merah muda), kulit jeruk, dan daun kelor. Senyawa-senyawa di atas ternyata dapat menghambat virus Corona untuk masuk menginfekai manusia melalui uji molecular clocking.

Alhamdulillah, daun kelor banyak ditemukan di berbagai wilayah Indonesia. Di daerah Sulsel, Sultra, dan Sulteng, masakan sayur berbahan dasar kelor merupakan hidangan favorit. Kandungan gizi khususnya vitamin dan mineral banyak ditemukan pada daun ini. Disamping itu daun kelor mengandung senyawa yang bersifat antioksidan yang disebutkan di atas. Para ahli bahkan menyebut pohon kelor sebagai Miracle Tree.

Allah menciptakan setiap penyakit pasti ada obatnya. Walaupun penelitian yang dilakukan oleh tim peneliti dari FKUI, Farmasi UI, dan IPB masih dalam tahap bioinformatika, namun informasi ini mengajak kita semuanya utk tidak panik walaupun tetap waspada. Bagaimanapun, virus Corona adalah ciptaan Allah dan pasti Allah akan memberi petunjuk kepada orang-orang beriman untuk dapat jauh dari penyakit yang ditimbulkan oleh virus ini.

Maha Benar Allah dengan firman-Nya: faman tabi’a hudaaya falaa khaufun ‘alaihim walaahum yahzanuun (QS Al-Baqarah 2:38). Artinya: jika benar-benar datang petunjuk-Ku kepadamu maka barang siapa yg mengikuti petunjuk-Ku, tidak ada rasa takut pada mereka dan mereka tidak bersedih hati. (***)

Makanlah daun kelor dan dekatkanlah diri kepada Allah dengan terus memperbaiki amal ibadah.

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.