Selasa, 24 Mei 22

Daun Kelor Bagus untuk Kesehatan Mata P

<span class=Daun Kelor Bagus untuk Kesehatan Mata P">
* Daun kelor. (Foto: Ist)

Daun kelor telah digunakan sejak lama sebagai obat herbal untuk mengatasi berbagai penyakit, termasuk pada mata. Manfaat daun kelor untuk mata pun beragam dan salah satunya mengobati mata merah. Yuk, kenali lebih jauh khasiat daun kelor untuk kesehatan mata.

Selain konsumsi makanan bernutrisi, ekstrak daun kelor juga bisa Anda manfaatkan untuk menjaga kesehatan mata. Manfaat ini berasal dari aneka nutrisi yang ada di dalamnya dan diketahui baik untuk mata, seperti vitamin A, vitamin C, serta antioksidan, seperti flavonoid, fenol, dan lutein.

Selain kandungan di atas, daun kelor juga mengandung asam amino, beta karoten, kalsium, dan zat besi. Melalui beragam aneka nutrisi ini, daun kelor pun diduga memiliki sifat antiradang, antikuman, antikanker, dan antialergi.

Dengan begitu, kesehatan mata tetap terjaga dan Anda pun terhindar dari berbagai penyakit mata.

Dipaparkan oleh dr Diana Putri Veronica, berkat kandungan nutrisi dan antioksidan di dalamnya, ada beragam manfaat daun kelor untuk kesehatan mata, yaitu:

1. Mengobati mata merah
Mata merah atau konjungtivitis dapat terjadi akibat peradangan pada mata karena infeksi kuman atau alergi. Kondisi ini diduga mampu diatasi oleh daun kelor karena mengandung senyawa yang bersifat antiradang, antialergi, dan antikuman. Dengan begitu, gejala mata merah akibat peradangan dapat kunjung reda.

2. Melindungi dari kerusakan mata
Manfaat daun kelor untuk mata selanjutnya adalah melindungi dari kerusakan mata. Sejumlah penelitian menyatakan bahwa konsumsi daun kelor yang kaya akan vitamin A dan senyawa antioksidan alami dapat mencegah seseorang terkena kerusakan akibat paparan radikal bebas dan sinar matahari.

3. Mencegah katarak
Selain daun, bagian akar dan batang pohon kelor juga dipercaya berkhasiat untuk mencegah dan mengobati katarak.

Manfaat ini diduga berasal dari kandungan vitamin A, vitamin C, flavonoid, fenolik, dan karotenoid yang dapat melindungi lensa mata dari bahaya oksidasi, menjaga kejernihan lensa mata, serta menurunkan risiko terkena penyakit katarak.

Cara Menggunakan Daun Kelor sebagai Obat Cuci Mata
Manfaat daun kelor untuk mata dapat Anda peroleh dengan menggunakannya sebagai cairan pencuci mata. Cara membuatnya pun cukup mudah. Anda hanya perlu melakukan beberapa langkah berikut ini:

Ambil beberapa lembar daun kelor, lalu cuci dengan air mengalir.
Panaskan sekitar 600 ml air hingga mendidih.
Masukkan daun kelor yang telah dicuci ke dalam air mendidih.
Rebus selama kurang lebih 15 menit.
Keluarkan daun kelor dari air rebusan.
Tunggu hingga air menjadi dingin.
Cairan pencuci mata dari daun kelor siap digunakan.

Untuk penggunaannya, Anda bisa menuangkan air tersebut ke telapak tangan, lalu mengoleskannya ke daerah kelopak mata atau menggunakannya secara langsung untuk mencuci mata.

Namun, untuk memastikan keamanannya, Anda disarankan berkonsultasi dengan dokter lebih dulu sebelum Anda menggunakan daun kelor pada mata.

Selain menggunakannya sebagai obat cuci mata, Anda juga bisa memperoleh manfaat daun kelor untuk mata dengan mengonsumsinya dalam bentuk suplemen makanan atau bubuk teh herbal.

Meski memiliki banyak khasiat, keamanan dan efektivitas manfaat daun kelor untuk mata masih memerlukan uji klinis lebih lanjut. Oleh karena itu, jika Anda mengalami keluhan pada mata, seperti mata merah atau gatal pada mata, Anda tetap dianjurkan untuk konsultasi ke dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat. (Alodokter/Red)

 

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.