Kamis, 9 Desember 21

Datangi KPK, Pengacara Minta Pemeriksaan Jero Wacik Ditunda

Datangi KPK, Pengacara Minta Pemeriksaan Jero Wacik Ditunda

Jakarta, Obsessionnews – Tim pengacara mentan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik menyambangi gedung Komisi Pemberantasan Korupsi. Kedatangan mereka untuk menyampaikan permohonan penundaan pemeriksaan terhadap Jero.

“Kami ini mau meminta penundaan untuk menghormati proses praperadilan,” ujar salah satu pengacara Jero, Hinca Panjaitan saat tiba di gedung KPK, Jl HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Senin (13/4/2014).

Alasan penundaan karena menurut Hinca pihaknya masih fokus menghadapi sidang praperadilan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Ia berharap KPK tidak melakukan pemanggilan pemeriksaan selama proses praperadilan berjalan.

“Praperadilan ini kan persidangan yang cepat, kalau dimulai minggu depan, Senin tanggal 20 April, maka tanggal 27 April sudah ada putusan. Jadi kan penundaan tidak lama,” tutur dia.

Hinca meminta KPK menghormati upaya hukum yang ditempuh oleh kliennya, hingga ada putusan tetap yang dikeluarkan oleh hakim. Jero disebut akan tetap memperjuangkan apa yang dipersoalkan setelah KPK menetapkannya sebagai tersangka.

“Pak Jero kan sedang memperjuangkan haknya setelah tujuh bulan ditetapkan jadi tersangka. Lagi pula pimpinan KPK sendiri juga pernah menyatakan untuk menghormati proses praperadilan,” katanya.

Meski proses praperadilan sedang berjalan, KPK menegaskan tetap mengagendakan untuk memeriksa Jero sebagai tersangka kasus pemerasan di Kementerian ESDM. KPK tak terpengaruh dengan gugatan praperadilan tersangka.

“Dalam penanganan semua perkara, proses pengajuan praperadilan tidak bisa menghentikan proses penyidikan sampai ada putusan praperadilan itu,” tutur Johan.

KPK hari ini kembali menjadwalkan pemeriksaan terhadap Jero Wacik sebagai tersangka. Namun belum dapat dipastikan apakah yang bersangkutan bersedia hadir atau tidak. Setelah ditetapkan sebagai tersangka politisi Partai Demokrat itu belum ditahan KPK. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.