Selasa, 19 Oktober 21

Datang ke Lokasi Longsor di Kebumen, Mensos Risma Tak Mau Bedakan Bencana

Datang ke Lokasi Longsor di Kebumen, Mensos Risma Tak Mau Bedakan Bencana
* Mensos Tri Rismaharini saat meninjau lokasi bencana longsor di Kebumen. (Foto: Albar)

Kebumen, Obsessionnews.com – Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini mendatangi lokasi longsor di Desa Kalijering, Kecamatan Prembun, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Kedatangan Risma ke lokasi untuk melihat langsung penanganan para korban pasca bencana yang terjadi pada Selasa 9 Februari 2021.

Risma sengaja datang ke lokasi longsor karena mendengar informasi bahwa ada korban jiwa dalam musibah tersebut. Ia pun mengaku tidak ingin membeda-bedakan bencana. Meski longsor di Kebumen bukan disebut sebagai bencana nasional, tapi Risma menilai bencana itu tetaplah bencana yang tetap harus diperhatikan.

“Jadi gini saya melihat kadang ada bilang loh ini kan bukan bencana nasional. Bagi saya bencana ya bencana. Bahwa maksud saya kita tidak usah membeda-bedakan ini tugasnya pusat, daerah atau provinsi dan sebagainya, tapi di sini Kebumen ada korban. Itulah kenapa saya prioritaskan ke sini,” ujar Risma di lokasi, Jumat (12/2/2021).

Risma berharap tidak ada lagi korban bencana yang ada di Kebumen. Jika memang tidak memungkinkan untuk ditempati, maka kata dia, harus terpaksa dilakukan relokasi. “Cuman saya nggak tahu ada nggak kalau direlokasi. Tapi Insya Allah ada,” ucap Risma yang seketika disambut Wakil Bupati Kebumen Arif Sugiyanto bahwa tempat relokasi sudah disiapkan.

Risma menyatakan, Kemensos juga sudah memberikan bantuan santunan kepada para keluarga korban, termasuk memungkinkan untuk kembali dibuatkan rumah. Kemensos sendiri punya anggaran khusus untuk bantuan bedah rumah. Selebihnya kata dia, nanti akan dibicarakan lagi dengan pemerintah Kabupaten Kebumen.

“Kita memang anggaranya ada, cuman saya tidak ngerti bangunan di sini berapa, mungkin kalau ada sinergi dengan pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten sehingga ada rumah yang layak,” ucap Risma.

Sementara itu Wakil Bupati Kebumen Arif Sugiyanto yang ikut mendampingi Risma menyatakan, pihaknya mengucapkan terima kasih atas kedatangan dan perhatian ibu menteri yang sudah menyempatkan diri meninjau para korban bencana longsor di Kebumen. Hal ini patut diapresiasi.

“Pertama kami ucapkan terimas kasih, Ibu Risma sudah jauh-jauh datang ke Kebumen untuk melihat langsung para korban longsor di Kalijering. Kehadiran beliau perlu menjadi contoh kepedulian seorang pemimpin terhadap rakyatnya,” ujar Arif yang sudah resmi ditetapkan sebagai Bupati Kebumen terpilih.

Ia menyatakan, semua penanganan bencana sudah berlangsung dengan baik. Aparat gabungan yang terdiri dari Timsar, BPBD, TNI dan Polri serta relawan telah melakukan evakuasi terhadap para korban untuk sementara waktu diungsikan ke tempat yang lebih aman.

Dalam bencana ini sedikitnya empat rumah warga tertimbun longsor. Ada tiga korban jiwa yang tinggal satu rumah. Mereka yakni, Tarsinah (60) sudah berhasil ditemukan. Kemudian, Doniatun (46) putri Tarsinah sudah ditemukan. Sementara Jamirun (53), suami Doniatun, hingga kini masih dalam pencarian.

“Kami berharap proses penanganan bisa berlangsung cepat dengan mengutamakan keselamatan. Timsar, BPBD, dan dan TNI, Polri juga masih terus berada di lokasi untuk melakukan pendampingan dalam proses pemulihan bencana,” ucap Arif.

Turut hadir dalam kunjungan Mensos, yakni, Ketua DPRD Sarimun, Kapolres AKBP Piter Yanottama, Dandim Letkol Kav MS Prawira Negara Matondang, Sekretaris Daerah Ahmad Ujang Sugiono, dan sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Kebumen, Muspika, pemerintah desa, dan segenap relawan. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.