Sabtu, 16 Oktober 21

Darurat Kemarau, Lima Daerah Ajukan Bantuan

Darurat Kemarau, Lima Daerah Ajukan Bantuan

Semarang, Obsessionnews – Lima dari 16 daerah di Jawa Tengah yang mengalami kekeringan akibat kemarau panjang ajukan bantuan dana tak terduga sebesar Rp 8,6 miliar ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Jateng. Kelimanya adalah Temanggung, Kendal, Cilacap, Wonogiri, dan Boyolali. Sebelumnya lima daerah tersebut telah menyatakan siaga darurat.

Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)Jawa Tengah, Sarwa Pramana menerangkan dana tak terduga tersebut berfungsi dalam dua program, yakni jangka panjang dan pendek.

“Untuk jangka pendek berupa dropping air di daerah yang mengalami kesulitan air bersih,” terangnya, Selasa (4/8/2015) di Semarang.

Sedangkan bentuk program jangka panjang berbentuk pipanisasi mata air di pegunungan dan pembuatan sumur pantek yang disalurkan ke rumah warga. Dengan bantuan tersebut diharapkan luasan daerah terdampak kekeringan dapat berkurang.

Untuk itulah, pihaknya menunggu keputusan di tingkat provinsi, yakni Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo untuk segera mengeluarkan surat keputusan terkait pencairan dana tak terduga ini. Keputusan Gubernur menjadi salah satu syarat pencairan sebab terdapat lebih dari dua daerah yang berstatus darurat.

“Kalau kabupaten atau kota belum menyatakan siaga darurat kekeringan. Ya pemerintah provinsi tidak bisa menyatakan hal itu karena yang terdampak adalah wilayah di daerah,” pungkasnya. (Yusuf IH)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.