Minggu, 31 Mei 20

Darurat Corona, Sri Sultan: Tuhan Bersama Orang yang Taat Aturan

Darurat Corona, Sri Sultan: Tuhan Bersama Orang yang Taat Aturan
* Raja Keraton Yogyakarta yang juga Gubernur DIY, Sri Sultan Hamemku Buwono X. (Foto: KR)

Yogyakarta, Obsessionnews.com – Raja Keraton Yogyakarta yang juga Gubernur DIY, Sri Sultan Hamemku Buwono X terus mengingatkan kepada warga masyarakat, khususnya warga Jogja agar lebih hati-hati dan waspada terhadap penyebaran virus corona. Sebab virus ini sangat berbahaya.

“Virus Corona itu jika memasuki badan, tidak bisa kita rasakan dan menyerangnya pun tak terduga-duga.” demikian disampaikan Sultan dalam pidatonya di Kantor Gubernur DIY, Senin (23/3/2020).

Sri Sultan menganggap virus ini adalah cobaan dari Gusti Allah. Maka dalam kondisi seperti ini, Sultan berpesan agar warga bisa menjaga kesehatan, terus berdoa dan wajib menjalankan aturan baku dari sumber resmi yang terpercaya.

“Saya yakin, karena rakyat Yogyakarta memiliki kadar literasi yang tinggi, tentu bisa membedakan mana yang berita hoax serta mana-mana yang benar dan nalar. Pepatah Jawa kembali mengatakan, Gusti paring dalan kanggo uwong sing gelem ndalan (Tuhan melapangkan jalan orang-orang yang taat pada aturan),” demikian titah Sultan.

Dalam pidato tersebut Sultan juga menegaskan bahwa hingga saat ini Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) belum menerapkan lockdown. “Karena itu strategi mitigasi bencana non-alam ini, DIY belum menerapkan lockdown,” ujar Sultan HB X.

Belum menetapkan lockdown, Sultan HB X menerapkan calm down melalui kebijakan slow down. Sultan berharap, dengan calm down maka warga Yogyakarta bisa menenangkan batin dan menguatkan kepercayaan diri agar eling lan waspada (senantiasa ingat dan waspada). (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.