Rabu, 1 Desember 21

Dari 65 Negara, Indonesia Peringkat ke 64 Gemar Membaca

Dari 65 Negara, Indonesia Peringkat ke 64 Gemar Membaca

Bandung, Obsessionnews.com – Menyusul rencana Kota Bandung menjadi kota ramah sepeda, Wali Kota Bandung, M. Ridwan Kamil kembali menggandeng PT. Pertamina untuk melanjutkan kerja sama terkait bantuan sepeda. Selasa (23/8/2016), Ridwan mengadakan pertemuan dengan Marketing Branch Manager Pertamina regional Jawa Barat, Susi A. Prasetya di Ruang Rapat Pendopo Kota Bandung guna membicarakan tindak lanjut kerja sama tersebut.

Sebelumnya, PT. Pertamina telah menyumbangkan sepeda dalam bentuk Corporate Social Responsibility (CSR) kepada Kota Bandung. Sepeda yang kemudian digunakan untuk memfasilitasi siswa kurang mampu untuk bersekolah itu dirasakan sangat banyak manfaatnya. Oleh karena itu, Ridwan dan Susi akan melanjutkan kerja sama tersebut.

“Kita kan sudah melelang yang 30 halte smart bike sharing, jalur-jalur sepeda akan kita perbanyak. 32 hotel sudah siap dalam waktu 8 minggu untuk menyediakan sepeda di hotel masing-masing minimal 12,” papar Ridwan. Ia menambahkan, hal tersebut akan melengkapi budaya ramah sepeda dari Pertamina.

RK - mambaca 2

Selain fokus pada kampanye bersepeda, saat ini Ridwan dan jajarannya juga sedang mengkampanyekan pendidikan literasi. Ia ingin warga Bandung, khususnya para pemuda, untuk senang membaca buku.

“Dari 65 negara yang disurvey, Indonesia ini peringkat 64. Orang Indonesia rata-rata hanya membaca 27 halaman pertahun,” terang Ridwan. Oleh karena itu, saat ini ia tengah membangun beberapa perpustakaan umum, baik yang berada di tiap kecamatan maupun di taman-taman, salah satunya adalah Cloud Library di Alun-Alun Kota Bandung.

Perpustakaan ini akan melengkapi kawasan Alun-alun Kota Bandung sebagai wahana rekreasi warga. Selain ada tempat bermain dan berinteraksi, ada pula perpustakaan yang juga dapat digunakan sebagai ruang serbaguna.

RK - mambaca 3

Perpustakaan Alun-Alun Kota Bandung ini akan bertema Cloud Library. Material desainnya hampir sama dengan microlibrary di Taman Bima, yakni dengan menggunakan ice cream bucket. Namun konsultan desain dari Suryawinata Heinzelmann Architecture Urbanism (SHAU) akan menambahkan tema awan pada desain interior maupun eksteriornya.

“Isinya nanti dibantu Pertamina yang memang CSR-nya banyak fokus juga ke pendidikan,” imbuh dia.

Ridwan menerangkan akan segera menindaklanjuti kerja sama tersebut dalam waktu dekat bersama Pertamina. Kerja sama ini diharapkan Ridwan dapat berjalan secara berkelanjutan.(Dudy Supriyadi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.