Kamis, 21 Oktober 21

Dapatkan Motor Sport Idaman, Ini Tipsnya

Dapatkan Motor Sport Idaman, Ini Tipsnya
* Ilustrasi motor sport Yamaha XSR. (Foto: Blibli)

Jakarta, obsessionnews.com – Saat ini motor sudah tidak hanya sekadar menjadi kendaraan yang akan mengantar pengendara kemanapun yang dituju. Kini, motor sudah menjadi bagian dari gaya hidup dan fashion. Salah satu jenis motor yang banyak diminati karena desain bodynya yang keren adalah motor sport, seperti Yamaha XSR.

Jumlah peminat jenis motor ini terus meningkat setiap tahunnya. Sayangnya, tidak semua calon pengendara baru mengerti tata cara memilih motor jenis ini sehingga pada akhirnya kecewa. Jika Anda merupakan salah satu bagian dari calon pengguna baru tersebut, berikut ini tips-tips memilih motor sport idaman yang patut untuk Anda pakai:

1. Perhatikan Berat Motor

Banyak aspek dalam motor sport yang didesain khusus untuk motor jenis ini dan tidak untuk motor jenis lain. Maka dari itu tidak heran jika berat badan motor ini cenderung lebih berat daripada motor biasa. Sebelum Anda memutuskan mau beli motor sport yang mana, pastikan Anda mencoba motor tersebut terlebih dahulu dan merasakan berat motor tersebut.

Berat badan motor ini penting untuk diukur sebab, jika berat badan motor jauh melebihi berat badan Anda, Anda akan kesulitan melakukan beberapa hal seperti, melakukan manuver di jalan, parkir motor atau mendorong motor. Hal-hal seperti inilah yang akan membahayakan keselamatan Anda jika Anda tidak memperhatikan aspek ini.

2. Pilih Desain Motor Yang Sesuai Dengan Selera Anda

Seperti yang telah ditulis di atas, keunggulan utama dari motor sport jika dibandingkan dengan motor biasa adalah desain motor sport yang lebih terkesan manly dan gagah. Namun, kadang kala desain gagah ini belum cukup untuk memenuhi selera konsumen.

Saat ini sudah banyak jasa-jasa modifikasi desain motor yang tersebar di seluruh Indonesia. Akan tetapi, umumnya biaya jasa modifikasi seperti ini tidak murah. Jadi, jika Anda ingin sedikit lebih hemat dana, alangkah lebih baiknya Anda memilih desain motor yang sudah sesuai dengan selera Anda.

Yamaha XSR 155 contohnya. Ide dari desain motor ini adalah membuat motor sport berteknologi tinggi dan kekinian tetapi dengan desain klasik. Akibatnya, motor ini tidak hanya terlihat gagah dan manly, tetapi juga berkelas dan terlihat ‘mahal’.

3. Pilih Motor Dengan Teknologi Terbaru

Perhatikan mesin motor. Apabila motor yang Anda incar ternyata diisi oleh mesin-mesin lama, maka sebaiknya Anda hindari. Tentu Anda tidak ingin tertangkap polisi hanya karena mesin lampu motor Anda tidak nyala atau karena rem motor sport Anda blong bukan? Selain melanggar hukum, hal-hal tersebut juga membahayakan keselamatan Anda.

Oleh sebab itu, motor yang berkualitas adalah motor yang tersusun dari mesin-mesin dengan teknologi terbaru. Terlebih untuk motor sport yang memungkinkan Anda untuk mengendarai motor secepat mungkin. Motor sport perlu mesin-mesin keluaran terbaru untuk menjaga stabilitas, kecepatan dan keawetan motor.

Apabila menemukan kerusakan saat Anda memakai motor dengan mesin keluaran terbaru, maka Anda tinggal mencari mesin tersebut di bengkel resmi terdekat. Lain halnya dengan mesin keluaran lama yang bisa jadi sudah tidak diproduksi lagi. Kalau motor Anda berisi mesin lama, siap-siap saja kesusahan mencari mesin pengganti atau beli mesin bekas.

4. Utamakan Kenyamanan

Ketika Anda mencoba motor sport, pastikan Anda merasa nyaman dengan jarak antara stang dan tempat duduk motor. Seperti yang kita ketahui, motor sport didesain sedemikian rupa sehingga apabila Anda merasa tidak nyaman berkendara dengan motor tersebut, badan Anda akan terasa pegal-pegal.

Lihat juga bagian tempat duduk belakang. Biasanya motor sport juga digunakan untuk berboncengan dengan orang lain. Pastikan tempat duduk belakang tersebut memiliki ketinggian dan kemiringan yang sesuai sehingga penumpang Anda bisa naik dengan aman dan tetap nyaman duduk di belakang Anda selagi Anda berkendara.

5. Riset Sebelum Membeli

Mencoba sepeda motor memang penting sebelum membeli sepeda motor tersebut. Akan tetapi, riset tentang spesifikasi motor juga penting. Sebab, tidak menutup kemungkinan Anda tidak paham jika istilah-istilah teknis motor dijelaskan saat Anda ke dealer.

Sebelum Anda beli motor sport, coba cari jenis motor sport tersebut di blibli.com, baca deskripsi spesifikasi motor tersebut lalu coba Anda searching lebih lanjut mengenai spesifikasi tersebut.

Contohnya, jika dalam deskripsi tertulis motor sport impian Anda tertulis kapasitas tangki 10 liter, coba Anda cari atau hitung 10 liter tersebut bisa untuk perjalanan berapa kilometer. Meskipun tampak sederhana, contoh riset tersebut bisa membantu Anda menentukan mana motor sport yang lebih boros bahan bakar dan mana yang tidak.

Yamaha XSR 155 adalah jenis motor sport yang cocok untuk Anda. Motor ini didesain sedemikian rupa sehingga seolah terlihat seperti motor sport yang klasik dan elegan. Padahal, mesin-mesin yang menyusun motor ini adalah mesin-mesin motor sport keluaran terbaru.

Saat ini Yamaha XSR 155 tersedia dalam 3 warna yaitu hijau tua, abu-abu dan hitam. Anda dapat membeli motor sport keren ini di blibli.com. Apapun warna yang Anda pilih, desain motor ini cocok untuk Anda yang mencari motor dengan desain vintage dan didukung mesin berkualitas tinggi.

Tidak hanya elegan dan didukung komponen kualitas tinggi, desain Yamaha XSR 155 juga memungkinkan Anda dan penumpang duduk dengan nyaman dengan tanpa khawatir badan pegal-pegal.

Nah, itu tadi tips memilih motor sport idaman. Sudah siap mengendarai motor sport? (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.