Kamis, 2 Mei 24

Dapatkan Doorprize Menarik! Ayo Bergabung di UMKM SUMMIT 2024 secara Hybrid

Dapatkan Doorprize Menarik! Ayo Bergabung di UMKM SUMMIT 2024 secara Hybrid
* UMKM SUMMIT 2024. (Foto: ist)

Obsessionnews.com – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) berulang kali menyampaikan arahan khususnya di G20 tahun 2022 kepada para pemangku kepentingan terkait percepatan transformasi digital usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Indonesia. Pemerintah menargetkan 30 juta UMKM masuk dalam ekosistem digital pada tahun 2024.

 

Baca juga: OMG Communication Kembali Gelar UMKM SUMMIT 2024

 

 

 

Sektor UMKM memberikan kontribusi lebih dari 60% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) negara. Berdasarkan catatan Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) sebanyak 70,2% UMKM menghadapi kendala saat bertransformasi memanfaatkan teknologi digital. Kendala itu antara lain berupa kesulitan akses permodalan, ketersediaan bahan baku, dan kesulitan mengadopsi teknologi digital. Oleh sebab itu diperlukan seluruh stakeholder mendorong peningkatan UMKM dari berbagai sektor bersama mitra UMKM agar menuju Go Digital, Go Global dan Go Green.

 

 

Dalam upaya memacu UMKM lebih berkembang,  Obsession Media Group (OMG) Communication yang merupakan bagian dari OMG menyelenggarakan UMKM SUMMIT 2024. Kegiatan seperti ini telah dilakukan sejak tahun 2021 berbasiskan digital/virtual. UMKM SUMMIT 2024 digelar secara hybrid dengan konsep acara berupa seminar dan pemberian awards kepada para pelaku UMKM pada Kamis, 7 Maret 2024.

 

 

 

Dalam rangka memberikan apresiasi kepada UMKM atas inovasi, dedikasi pelaku UMKM, serta sumbangsih terhadap bangsa dan negara, OMG Communication memberikan penghargaan berupa UMKM SUMMIT Awards 2024. Hal ini bertujuan mendorong perkembangan ekonomi lokal, memotivasi pelaku UMKM untuk terus meningkatkan kualitas produk atau layanan agar dapat menjadi pilihan utama pelanggan Indonesia, dan dapat menembus pasar global melalui perdagangan ekspor dan e-commerce. Penetapan pemenang UMKM SUMMIT Awards 2024 setiap kategori dilakukan oleh OMG Chief Editor Club bekerja sama dengan Indonesia Research and Survey (IReS).

 

 

Dalam rangkaian dari UMKM SUMMIT Awards juga akan diselenggarakan seminar melalui tema “UMKM Sebagai Motor Penggerak Perekonomian Nasional” dengan subtema sebagai berikut: (1) “Inovasi dan Pertumbuhan UMKM yang Berkelanjutan”. (2) “UMKM Muda Go Global, Kendala & Solusinya. (3) “Melalui Digital, UMKM Naik Kelas”. (4) “Mitra UMKM Dukung Usaha UMKM Menuju Go Digital, Go Global dan Go Green”.

 

Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan akan tampil sebagai pembicara pembuka di UMKM SUMMIT 2024. Di acara ini terdapat tiga pembicara kunci, yakni Menteri Komunikasi dan Informatika RI Budi Arie Setiadi Deputi Bidang Kewirausahaan Kemenkop UKM Siti Azizah dan Kepala Departemen Pengembangan UMKM, dan Perlindungan Konsumen Bank Indonesia Yunita Resmi Sari. Sedangkan yang menjadi master of ceremony (MC) adalah Nurul Kamila Aswan (TV National Anchor).

 

Pembicara sesi 1 “Inovasi dan Pertumbuhan UMKM yang Berkelanjutan” adalah Ketua Umum DPN APINDO Shinta Kamdani, Direktur Eksekutif LPS Ary Zulfikar, SVP Marketing Group Head JNE Eri Palgunadi, dan CEO of Maka Group & Founder Toko Kopi Tuku Andanu Prasetyo.

 

Pembicara sesi 2 “UMKM Muda Go Global, Kendala & Solusinya” yakni Direktur Utama PT Sarinah Fetty Kwartati, Ketua Umum  Womenpreneur BPP HIPMI Melissa A Hamid, dan CEO BroilerX Prastyo Ruandhito.

 

Sesi 3 “Melalui Digital, UMKM Naik Kelas” menampilkan pembicara CEO MyRepublic Timotius M Sulaiman, CEO PT Nina Nugroho International Nina Nugroho, dan Senior Vice President Retail PT Pos Indonesia (Persero) W Lily Selanno.

Di sesi 4 “Mitra UMKM Dukung Usaha UMKM Menuju Go Digital, Go Global dan Go Green” yang menjadi pembicara adalah Staf Ahli Bidang Iklim Usaha dan Hubungan Antar Lembaga Kementerian Perdagangan RI Fajarini Puntodewi, Vice President CSR &  SMEPP PT Pertamina (Persero) Fajriah Usman, dan SVP PT Bank Central Asia Tbk Tjoeng Haryanto.

 

Ayo bergabung di UMKM SUMMIT 2024 secara hybrid!

 

Anda akan bertemu berbagai macam pihak, tidak hanya mendapat ilmu dan E-Certificate. Anda juga bisa bertemu mitra bisnis dari perusahaan nasional swasta, BUMN, dan  multinasional.  Dapatkan juga doorprize menarik.

 

Pendaftaran gratis. Klik link berikut ini

https://bit.ly/UMKMSummit2024

 

(arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.