Kamis, 28 Maret 24

Breaking News
  • No items

Dapatkah UMKM Menjadi Obat Mujarab Penangkal Krisis Ekonomi Akibat Pandemi?

Dapatkah UMKM Menjadi Obat Mujarab Penangkal Krisis Ekonomi Akibat Pandemi?
* Dewi Tenty Septi Artiany. (Foto: Fikar Azmy/Women's Obsession)

Oleh: Dr. Dewi Tenty Septi Artiany, SH, MH, M.Kn, Doktor Ilmu Hukum, Alumni Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung, Notaris, Pegiat Koperasi dan UMKM

 

Krisis ekonomi yang terjadi di Indonesia  pada 1998 membuktikan bahwa UMKM dapat menjadi tulang punggung perekonomian di saat krisis menghempas semua lini. Di masa itu banyak konglomerat hengkang dari Indonesia dan yang tertinggal adalah UMKM yang terus bertahan menopang bergeraknya perekonomian Indonesia.

UMKM memang sering dipandang sebelah mata terlebih bila dibandingkan banyaknya usaha dengan modal besar. Namun siapa sangka bahwa peran UMKM di Indonesia itu sangat besar yang dapat menjadi ‘obat mujarab’ dalam  mengatasi ‘badai’ krisis ekonomi.

Hal yang Membuat UMKM Penting untuk Masyarakat

Ada banyak alasan kenapa UMKM dianggap penting. Di antaranya adalah sebagai sarana untuk mengentaskan masyarakat dari jurang kemiskinan.
Sebagaimana kita ketahui angka penyerapan tenaga kerja di UMKM ini sangat tinggi. Hal ini terbukti dengan meningkatnya angka survei penyerap tenaga kerja dari bidang ini. Lalu UMKM juga bisa dijadikan sarana untuk meratakan tingkat perekonomian rakyat kecil dengan cara memeratakan lapangan kerja di desa dan di perkotaan.

Halaman selanjutnya

Pages: 1 2 3 4

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.