Jumat, 22 Oktober 21

Dapat Anggaran Rp9 Triliun, Menteri Marwan Mengeluh

Dapat Anggaran Rp9 Triliun, Menteri Marwan Mengeluh

Jakarta, Obsessionnews – Menteri‎ Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal Marwan Jafar keluhkan jumlah anggaran Rp 9 triliun yang telah disepakati oleh DPR. Menurutnya, dana yang dianggarkan untuk kementerianya masih terlalu kecil lantaran tidak sesuai dengan permintaan awal yakni Rp 10,4 triliun.

‎Dalam program yang sudah disusun di masa 100 hari pemerintahan Presiden Joko Widodo, Kementerian PDT kata Marwan, telah memetakan 74.000 desa yang perlu perhatikan aspek pembangunannya, kemudian ia juga melihat ada 122 kabupaten tertinggal dan 428 kawasan transmigrasi. Dengan jumlah segitu, dana Rp 9 triliun dinilai tidak akan terjangkau untuk merealisasikan pembangunan di daerah.

“Kalau cuma Rp 9 sekian Triliun, ya masih jauh dari harapan,” ujarnya usai rapat dengan Komisi V DPR RI, di Senayan Jakarta, Kamis (12/2/2015).

Karena itu, mantan anggota Komisi V DPR RI dari Fraksi Partai PKB ini mengaku akan menyusun kembali program kerja di kementerianya. Hal itu dilakukan agar anggaran Rp 9 triliun bisa disesuaikan dan digunakan seefisen mungkin. Menurutnya, program kerja yang akan menjadi prioritas Kementerian PDT adalah pembangunan infrastutur di desa atau daerah kabupaten tertinggal.

Pembangunan itu lanjut Marwan menyangkut dengan perbaikan jalan raya di desa dan kabupaten tertinggal, kemudian pembangunan irigasi dan pelabuhan-pelabuhan kecil. Dengan program tersebut Marwan berharap produktifitas ekonomi di daerah semakin meningkat karena didukung dengan infrastruktur yang bagus.

“Itu dulu yang kita support. Biar bersinergi nanti,” katanya.

Meski demikian, Marwan tetap optimis bisa mengunakan anggaran yang baik. Menurutnya, anggaran di Kementerian PDT yang masuk dalam APBN 2015 merupakan tahan awal. Ia yakin kedepan akan ada perubahan lagi di tahun-tahun berikutnya. Tentunya kata dia harus disesuaikan dengan program kerja yang yang bagus. (Albar)

Related posts