Sabtu, 14 Desember 19

Dapat Air Bersih, Warga Kampung Lembur Pasir Merasa Bagaikan Mimpi

Dapat Air Bersih, Warga Kampung Lembur Pasir Merasa Bagaikan Mimpi
* Warga menggunakan air bersih dari hutan untuk mencuci. (Foto: Conservation International)

Jakarta, Obsessionnews.comSekitar 125 keluarga atau 500 orang di Kampung Lembur Pasir, Desa Ginanjar, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat (Jabar) mendapatkan akses ke air bersih untuk pertama kalinya. Pembangunan akses air bersih ini merupakan bagian dari program freshwater Conservation International yang bekerja sama dengan Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) dan Pemerintah Kabupaten Sukabumi.

Lokasi Kampung Lembur Pasir yang bersebelahan dengan hutan TNGGP seharusnya lebih mudah mendapatkan air bersih. Namun, selama bertahun-tahun warga menggunakan air hujan atau irigasi untuk kebutuhan mandi dan mencuci.

Senior Manager Terrestrial Program Conservation International Indonesia Anton Ario mengatakan, selain untuk memberikan akses pihaknya juga ingin memperlihatkan manfaat langsung dari hutan yang lestari.

“Kami berharap warga dapat menyadari hal tersebut dan terdorong untuk menjaga hutan,” ujar Anton melalui keterangan tertulis yang diterima obsessionnews.com, Rabu (13/11/2019).

Program ini dimulai pada Mei 2019 dengan melakukan sosialisasi kepada pihak TNGGP serta pemerintah desa dan kampung. Mereka mendukung penuh dan mengatakan program ini akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Tahap berikutnya membahas implementasi mulai dari survei mata air, pembangunan bendungan semi permanen, pemasangan pipa, dan pemeliharaannya.

Warga setempat menyepakati mereka akan terlibat dalam semua tahapan implementasi. Dari survei diketahui sumber mata air berada di dalam taman nasional yang berjarak kurang lebih enam kilometer dari kampung.

 

Halaman selanjutnya

Pages: 1 2 3

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.