Minggu, 24 Oktober 21

Danramil dan Babinsa Dilatih Jadi Kader Pertanian

Danramil dan Babinsa Dilatih Jadi Kader Pertanian

Purwokerto, Obsessionnews – Bertempat di Fakultas Pertanian Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto Jawa Tengah dilaksanakan acara Pelatihan Kader Pertanian. Unsoed.  Acara dibuka oleh Dekan Fakultas Pertanian Unsoed Dr.Ir.Anisur Rosyad,MS. yang dihadiri oleh pejabat dan dosen dilingkungan Fakultas Pertanian Unsoed.

“Dalam pelatihan kader pertanian ini yang diajarkan antara lain pengenalan dan mengoperasikan alat-alat pertanian (seperti traktor), pengenalan pupuk, pembuatan kompos, kunjungan ke lahan (padi, jagung, dan kedelai), dan kunjungan ke lab. pengolahan,” ujar Dr.Ir.Anisur Rosyad,MS. dalam sambutan pembukaan Pelatihan Kader Pertanian, Kamis (12/2).

Hadir dalam praktek lapangan di Fakultas Pertanian Unsoed, Dandim 0701 Banyumas Letkol Inf.Asep Apandi,S.IP. yang melihat langsung pelatihan mengoperasionalkan penggunaan traktor.  Sementara itu, Perwira Seksi Teritorial Kodim 0701/Banyumas Kapten Inf. Sentot Priyanto menyatakan, “melalui pelatihan tersebut diharapkan mampu meningkatkan Swasembada Pangan sesuai dengan program dari Pemerintah Pusat melalui MOU Kasad dengan Menteri Pertanian.  Akhirnya ditindak lanjuti oleh satuan di bawahnya dengan diadakannya MOU antara Komandan Kodim 0701/Banyumas dengan Bupati Banyumas”.

Danramil Babinsa dan Dr Ismangil

Menurutnya, kegiatan pengkaderan pertanian dilaksanakan selama 4 (empat) hari mulai hari Senin tanggal 09 Februari 2015 sampai dengan Kamis 12 Februari 2015 yang diikuti 100 orang Danramil dan Babinsa.  Hari pertama dan kedua (9 – 10 Februari 2015) dilaksanakan di Aula Makodim 0701/Banyumas diisi materi tentang teori-teori praktis bidang pertanian, sedangkan hari ketiga dan keempat (11 – 12 Februari 2015) langsung diberikan praktek lapangan di Fakultas Pertanian Unsoed.

“Dengan adanya pelatihan pengkaderan pertanian ini diharapkan para Danramil dan Babinsa di lapangan mampu mendampingi, membina dan membimbing para petani disekitar wilayah Kabupaten Banyumas,” jelas Dr.Ir.Ponendi Hidayat,MP. selaku ketua pelatihan kader pertanian di Fakultas Pertanian Unsoed yang juga Dr.Ir.Ponendi Hidayat,MP. selaku Kepala Pusat Penelitian dan Produksi Benih Kedelai LPPM Unsoed.

Danramil Babinsa Pelatihan

Untuk ketertiban dan kelancaran kegiatan pelatihan kader pertanian, masing-masing kegiatan ada penanggungjawabnya.   Berikut nama-nama kegiatan dan penanggungjawabnya: 1. Pengenalan Alat Pertanian: Ir.Tridjoko Agustono,MP., Ir.Tarjoko,MP., Subiyanto, Chairul Basir, dan Ruswanto, 2. Pengenalan Kompos: Dr.Ir.Ismangil,MS., 3. Kunjungan ke Lahan Padi: Dyah Susanti,SP.MP., 4. Kunjungan ke Lahan Jagung: Ahadiyat Yugi,SP.D.Tech.Sc., 5. Kunjungan ke Lahan Kedelai: Dr.Ir.Ponendi Hidayat,MP., serta 6. Kunjungan ke Lab. Pengolahan: Dr.Ir.Erminawati dan Ike Sitoresmi,S.TP,M.Sc. (Asma)

Related posts