Rabu, 27 Oktober 21

Dan Bluebird pun Hancur!

Dan Bluebird pun Hancur!

Usaha yang dibangun dari nol melalui kerja keras selama puluhan tahun, akhirnya “hancur” dalam sekejap. Itulah nasib perusahaan armada taksi Bluebird. Gegara aksi demo anarkis para supirnya, warga Jakarta menjadi marah dan muak. Harga saham perusahaan terbuka ini pun terjun bebas. Entah berapa lama waktu yang dibutuhkan manajemen untuk menyembuhkan luka masyarakat.

Demo Taksi--3Selasa pagi (22/3) ribuan supir taksi dan angkot yang tergabung dalam Paguyuban Pengemudi Angkutan Darat ( PPAD) dan Forum Komunikasi  Masyarakat Penyelenggara Angkutan Umum (FK MPAU), turun ke jalan di ibukota, berpusat di depan Gedung DPR/MPR, Senayan. Tak menunggu waktu lama sampai aksi menjadi anarkis. Selain menutup jalan dan membakar ban bekas, mereka bahkan memaksa turun penumpang dari kendaraan yang dicurigai taksi online, tak peduli orang tua dan ibu-ibu yang menggendong anak.

Akibat demo anarki tersebut, sejak pagi pukul 09.00 WIB, arus lalulintas di Jl. Gatot Subroto, Jakarta Pusat, di kedua arah, baik jalan arteri maupun tol dalam kota macet total. Aksi demo yang diikuti lebih dari 10.000 pengemudi taksi, Metro Mini, Bajaj, KWK dan Mikrolet juga memadat di depan Kantor Kementerian Komunikasi dan Informasi, Kementerian Perhubungan, Balai Kota, DPRD DKI Jakarta dan Istana Merdeka.

Para pengunjuk rasa juga nekat melakukan sweeping terhadap sopir yang tidak ikut dalam aksi dan armada taksi berbasis aplikasi atau online. Tercatat, sebuah taksi Blue Bird, pecah kaca bagian belakangnya, terkena batu. Mereka pun tak segan-segan memukuli bahkan mengeroyok ramai-ramai pengemudi taksi online maupun ojek online.

Anarkisme yang dipertontonkan oleh para pedemo kontan memicu reaksi kesal, marah, dan muak warga Jakarta. Perusahaan taksi Bluebird menjadi  sasaran utama kemarahan warga, khususnya para netizen. Citra positif Bluebird selama ini sebagai taksi yang paling profesional, tiba-tiba runtuh dalam sekejap. Para netizen di media sosial, khususnya twitter, menyebut hari ini sebagai hari “wafat”-nya Bluebird. Berikut sejumlah cuitan kemarahan di twitter yang di-mention di akun resmi @Bluebird:

CeIjNGaUsAAC3NcRori ‏@awanbagaskoro: Hari ini Blue Bird menggali lubang kuburannya sendiri. Selamat jalan Blue Bird #bluebirdgroup #boikotTaksi

akhmad sahal ‏@sahaL_AS: INFO! Warga Jakarta diharap ikut tahlilan selama 7 hari atas meninggalnya @Bluebirdgroup…. via @FAJARPTRNTO

Violissima! on Instagram- “Kepada @bluebirdgroup To whom it may concern.” 2016-03-22 16-15-28Partai Social Media ‏@PartaiSocmed: Pemilik @Bluebirdgroup harus melingkari tanggal ini sebagai tanda berakhirnya era kejayaan taksi Blue Bird. #TakutNaikBlueBird

Raissa Almanda ‏@RaissaAlmanda: I have lost my respect to @bluebirdgroup and will no longer use blue bird’s service. Think and Innovate! Instead off charging high!

Wahyu Susilo ‏@wahyususilo: Utk para sopir @Bluebirdgroup kalo berani, bikin serikat buruh tuntut pemilik/pemodal naikkan upahmu. Jangan musuhi sesama kelas pekerja

Adrian M. Priyatna ‏@AdrianMPriyatna: Saya bukan pengguna Uber, Grab, Gojek, dan sejenisnya. Tapi apa yang terjadi hari ini udah ngilangin respek saya ama @Bluebirdgroup. Thanks

slap relevant! ‏@SydSalesman : Shame on you @Bluebirdgroup Shame on you @Express_Group Spt ini jaminan keamanan & kenyamanan konsumen? Diturunkan dr taksi di tengah tol?

Ruli Harahap ‏@ruliharahap: Buat yang nggak ngerti: Demonstrasi itu hak demokrasi. Tapi kalau sudah mengganggu kepentingan publik seperti @Bluebirdgroup ini ya jahat.

Vido Latupeirissa ‏@bung_vido : Gimana kalo besok gantian kita #BoikotTaksi apalagi taksi @Bluebirdgroup setujuuu???

CeIbS1bUIAAiFjvAksi anarkis yang terjadi hari ini benar-benar membuat citra Bluebird rontok. Apa yang tadinya dimaksudkan sebagai upaya untuk menyingkirkan taksi online, justru menjadi bumerang. Tak sedikit warga Jakarta justru bertekad tak lagi sudi menggunakan jasa Bluebird. Sebagian malah sudah mencoba menggunakan jasa taksi online. Tak sedikit pula ajakn untuk memboikot Bluebird dan taksi Express (grup Bluebird).

Count Me In ‏@CountMeInID : More people will download @Uber and @gojekindonesia than any other day in history. Smooth move @Bluebirdgroup

Koen ‏@kuncoro : Thanks to strikes by @Bluebirdgroup & other taxis, this morning I tried @Uber for the 1st time. A great experience! Will use again, surely.

Alexander Thian ‏@aMrazing : Dear @Bluebirdgroup, weeeee, will never, ever, ever, getting back together! *read: kami tak akan naik bluebird lagi*

CeIFxQaUsAAldB8Muliawan ‏@Aldi_noza : Just wanna remembering to blue bird that innovation comes with price bro! Your time is up, just lost my respect ?

Service macbook @mbahmachendra : Hr ini sopir taxi menunjukan kebodohannya dgn demo. Mereka menujukan ketidak siapannya tuk mnghadpi perubahan dan perkembangan jaman.

shan_ty ‏@shanti_utama : Jd ilfil naik bluebird padahal pelanggan setia bluebird..kl mau demo intropeksi diri dulu, kl begini biar murah juga ga mo naik! #BoikotTaksi

Beredar pula sejumlah meme yang cukup lucu tapi pahit. Misalnya, foto karakter Angry Bird warna biru di tengah-tengah aksi demo. Ada juga meme yang berisi kalimat, “Pak Pos tidak pernah mendemo line, whatsapp, bbm, dsb, padahal mereka sudah memutus jalur surat cinta.”

Yang membuat warga semakin emosi adalah pernyataan manajemen Bluebird yang mengatakan layanan mereka tetap berfungsi sebagaimana biasanya, padahal fakta berbicara sebaliknya.Apalagi, terbukti bahwa manajemen Bluebird justru ikut mengerahkan para supirnya untuk turun ke jalan.

unilubis @unilubis : Barusan cek ke Noni Purnomo, Presdir Blue Bird Group Holding. Surat edaran itu benar. Disampaikan tgl 20/3 ke koord pool @RapplerID

Baca juga:

10 Ribu Sopir Angkutan Kembali Unjuk Rasa

Satu Taksi Rusak dalam Unjuk Rasa PPAD

Supir Taksi-Angkot Bakar Ban di Depan Gedung DPR

Demo Anarkis Untungkan Taksi Online

Blue Bird Tindak Tegas Supirnya yang Anarkis

Protes TAXI dan BIRD Emosi Perlambatan Ekonomi Sepanjang Tahun

Demo Supir Tak Boleh Berulang, Pemerintah Harus Buat Aturan

Geger Taksi Online, DPR Panggil Menkoinfo

JK: Teknologi Tak Bisa Ditantang

Ahok Ancam Cabut Izin Perusahaan Taksi

FOTO Demo Sopir Taksi di Jakarta

Hindari Bentrok dengan Sopir Taxi, Bubarkan Gerombolan Gojek

Andi Nursaiful @andinursaiful

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.