Rabu, 3 Juni 20

Dampak Covid-19, Kharis: Pemerintah Wajib Lindungi Semua WNI di Luar Negeri

Dampak Covid-19, Kharis: Pemerintah Wajib Lindungi Semua WNI di Luar Negeri
* Wakil Ketua Komisi 1 DPR RI Abdul Kharis Almasyhari. (Foto: dok. pribadi)

Jakarta, Obsessionnews.com
Pemerintah RI, khususnya mitra Komisi 1 DPR RI yakni Kementerian Luar Negeri, untuk mengambil langkah strategis, segera dan cepat dalam rangka melindungi semua Warga Negara Indonesia (WNI) yang ada di luar negeri yang terkena dampak virus corona atau Covid-19. Mereka kemungkinan tidak mendapatkan akses penghidupan hingga evakuasi besar seperti yang dilakukan terhadap WNI di Wuhan, Tiongkok.

Hal itu disampaikan Wakil Ketua Komisi 1 DPR RI Abdul Kharis Almasyhari dalam keterangan tertulisnya yang diterima obsessionnews.com, Selasa (14/4/2020).

 

Baca juga: 

Best Achiever In Legislator Abdul Kharis Almasyhari (Ketua Komisi I DPR RI Fraksi PKS)

FOTO Ketua Komisi I DPR Abdul Kharis Almasyhari Gelar Jumpa Pers

Dr H Abdul Kharis Almasyhari SE MSi Akt. Ca (Ketua Komisi I DPR) Ancaman ke Depan Jangan Dipersepsikan secara Tradisional

 

“Setiap WNI dilindungi hak-haknya sebagaimana telah dijamin oleh Undang-Undang Dasar 1945, tidak terkecuali di dalam atau luar negeri, dan berdasarkan Undang-Undang Nomor 37 Tahun 1999 tentang Hubungan Luar Negeri, bahwa Pemerintah Indonesia melindungi kepentingan warga negara sesuai dengan ketentuan hukum dan kebiasaan internasional. Apalagi dalam pandemi ini jadi kita wajib dan harus melindungi semuanya,” tutur Kharis.

Pemberlakuan MCO di Malaysia
Kharis yang berasal dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menambahkan, terkait hal perlindungan WNI maka Pemerintah harus siap dengan skenario terburuk seperti kondisi di Malaysia yang di mana terdapat 3,5 juta WNI di dalam penguncian wilayah atau movement control order (MCO) hingga 28 April 2020. Dan bisa jadi diperpanjang untuk menekan penyebaran virus corona di Malaysia.

“Tidak cukup jika kita hanya membagikan sembako kepada warga Indonesia yang paling terdampak oleh pemberlakuan MCO. Semua WNI harus mendapat perlakuan yang sama, karena kita bertanggung jawab atas keselamatan dan hidup mereka. Opsi evakuasi dan penyediaan tempat karantina sementara WNI yang pulang juga semua hal terburuk harus Pemerintah Indonesia siapkan,” terang Kharis.

Anggota DPR asal Solo ini juga meminta saatnya sinergi semua pihak, terutama para duta besar kita, di mana banyak WNI yang berada di daerah pandemi Covid-19 untuk langsung memimpin semua upaya penyelamatan, evakuasi, pemberian bantuan dan semua hal yang diperlukan untuk keselamatan WNI di luar negeri.

“Kita harapkan dengan telah dikeluarkannya Keputusan Presiden Nomor 12 Tahun 2020 tentang Penetapan Bencana Non Alam Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) sebagai Bencana Nasional, semua duta besar kita menyikapi sama untuk menjaga WNI di luar negeri yang terdampak pandemi Covid-19. Karena berdasarkan data Kemenlu sudah ada 374 WNI yang tersebar di 28 negara dinyatakan positif. Ini sangat menjadi perhatian kami di Komisi 1 DPR RI,” pungkas Kharis. (arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.