Kamis, 26 Mei 22

Damien Raih Gelar Sutradara Terbaik di AS

Damien Raih Gelar Sutradara Terbaik di AS

Jakarta, Obsessionnews – Sutradara Damien Dematra kembali meraih gelar sutradara terbaik di Yosemite, California, Amerika Serikat dalam Yosemite International Film Festival lewat film garapannya Let’s Play, Ghost. Selain merasa senang, Damien mengaku siap membagi ilmunya tersebut kepada generasi muda.

“Target kedepan, ingin share ilmu kegenerasi muda, supaya banyak lahir sineas-sineas muda Indonesia yang siap mengharumkan nama bangsa ke dunia internasional,” ucap Damien Dematra kepada Obsessionnews Via handphone, Sabtu (19/12/2015) malam.

Namun sayang, Damien juga merasa prihatin, film yang digarapnya itu, tidak kunjung mendapat respon agar ditayangkan dibioskop Indonesia.

“Selain perasaannya senang, pastinya juga miris, karena film itu belum dapat jatah tayang di bioskop,” jelasnya.

Sementara, menurut direktur utama festival tersebut, Damien layak mendapatkan gelar tersebut dikarenakan penyutradaraan yang sangat baik. Dilihat dari semua segi film ini dirasa tidak memiliki kekurangan sedikitpun.

Yosemite International Film Festival adalah sebuah film festival yang memberikan penghargaan tertinggi kepada para sineas-sineas kontemporer terbaik dan memiliki kreatifitas yang tinggi, dan sudah berlangsung selama 7 tahun.

Kategori film terbaik, film Love Thy Nature yang dimainkan aktor Hollywood Liam Neesen meraih predikat tertinggi.

Yosemite sendiri dikenal sebagai National Park Terbaik di Amerika Serikat dan tempat fotografer legendaris Ansel Adams memotret karya karyanya yang sampai sekarang masih terus diperbincangkan dunia.

Sebelumnya, Damien telah meraih puluhan penghargaan Sutradara Terbaik; yang terbaru adalah gelar Sutradara Terbaik dari Ameriacan Movie Awards 2015, sebuah ajang penghargaan yang pada tahun 1982 juga memberikan gelar Sutradara Terbaik kepada Steven Spielberg lewat film Raiders of The Lost Arc dan nama-nama besar Hollywood lainnya seperti; Meryl Streep, Clint Eastwood, Henry Fonda, Katharine Hepburn dll.

Let’s Play Ghost merupakan film horor yang bercerita tentang sebuah mitos urban legenda di Puncak tentang sosok hantu cilik yang akan muncul bila ada yang menyebut “Let’s Play 5x…” dan sang hantu tidak ingin menyelesaikan permainannya sampai semuanya AJAL.

Film ini dibintangi oleh Natasha Dematra, Vina Yunita, Pagitta Ross, Aditya Antika, Herdi Bagus, Virda Anggraini dan  Kayla Atilla.

Film yang sempat masuk daftar coming soon dan posternya telah dipasang di berbagai bioskop pada 2013, tanpa penjelasan dibatalkan secara sepihak oleh pihak bioskop tanpa alasan yang jelas hingga kini.

“Penghargaan ini sangat membanggakan hati. Ini menunjukkan bahwa film Indonesia juga dapat berjaya di luar negeri dan meraih berbagai prestasi; namun di sisi lain, ini juga menjadi bukti bahwa masih sedikit ruang untuk film-film karya anak bangsa untuk tampil di halaman rumahnya sendiri. Film Indonesia adalah tamu dirumahnya sendiri,” ungkap Damien Dematra. (Popi Rahim)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.