Sabtu, 8 Oktober 22

Dalam Rehabilitasi Narkoba Banyak ‘Permainan’

Dalam Rehabilitasi Narkoba Banyak ‘Permainan’

Jakarta, Obsessionnews – Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komisaris Jenderal Polisi Budi Waseso (Buwas) pernah mewancanakan penahanan bagi para penyalahguna Narkoba untuk ditahan di pulau terpencil Indonesia.

Calon Wakil Walikota Depok, Babai Suhaimi ikut menyuarakan terkait rehabilitasi penyalahguna Narkoba di pulau yang menyampaikan, tidak harus melihat tempat penahanan para penyalahguna, yang penting ada upaya atau sistem yang dipikirkan oleh negara.

“Jadi apalah artinya tempat, kalau pelaksanaan sistemnya, niatnya, caranya tidak benar, ya tidak akan ada artinya,” ujar Babai kepada Obsessionnews.com di kantor OMG di Jl Kedondong, Jakarta Selatan, Kamis (1/10/2015).

ELT1

Dia mengatakan, sekarang yang terpenting adalah yang harus dilakukan oleh pemerintah, bahwa rehabilitasi itu penting tidak harus dilakukan?. Kalau memang itu penting, maka lakukan dengan baik.

“Sebab kenyataannya bahwa didalam rehabilitasi tersebut juga banyak permainan-permainan. Bahkan ada modus, bahwa rehabilitasi itu hanya sebatas formalitas, dimanfaatkan oleh penyalahguna bahkan oleh bandar,” katanya.

Menurut dia, sah-sh saja kalau BNN punya program membentuk sebuah tempat rehabilitasi ditengah pulau, jauh dari pusat kota tidak jadi masalah. Tapi apakah hal tersebut merupakan sesuatu yang darurat dilakukan oleh pemerintah. “Sementara sistem rehabilitasi itu sendiri ngak jelas,” ungkap Babai.

Selain itu, dia juga mengontohkan, buktinya penanganan soal narkoba ini ada perbedaan dilapangan. Ada yang tertangkap, mereka sebagai pemakai narkoba ditangkap oleh kepolisian, dikenakan pasal yang mengakibatkan dia (Pemakai) dipenjara. “Mereka tidak direhabilitasi. Itu banyak kok di daerah,” pungkasnya. (Purnomo)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.