Jumat, 19 April 24

Daftar 10 Negara Termiskin di Dunia

Daftar 10 Negara Termiskin di Dunia
* Republik Afrika Tengah. (Foto; BBC)

Jakarta, Obsessionnews.com – Negara besar bukan jaminan masyarakatnya sejahtera. Banyak negara-negara di dunia yang nyatanya tidak mampu mengelola negaranya sehingga masuk dalam katagori negera miskin. Indikator miskin atau kayanya sebuah negara bisa diukur dari pendapatan produk domestik bruto (PDB) per kapita.

Besar kecilnya PDB sebuah negara dipengaruhi oleh banyak faktor. Tapi beberapa di antaranya yang paling mencolok adalah konflik sipil yang tak berkesudahan, korupsi yang merajalela hingga kepemimpinan otoriter yang menggila.

Di bawah ini adalah 10 negara yang didaulat sebagai negara termiskin di dunia seperti yang terangkum dalam versi World Bank, dan negara-negara tersebut didominasi oleh benua Afrika.

10. Guinea.

Diurutan sepuluh negara paling miskin di di dunia ditempati oleh Guinea. Ekonomi Guinea belum juga stabil sejak tahun 1990an. Krisis sosial politik menjadi kendala utama bagi negara ini hingga terpuruk dalam kemiskinan sehingga tidak bisa berkembang. Tercatat, PDB per kapita Guinea hanya berada di angka $ 523,10.

9. Ethiopia.

Sejak lama Ethiopia memang dikenal sebagai negara termiskin. Ia menempati urutan sembilan. Meskipun sebenarnya di tahun 2007 negara ini telah memiliki perekonomian lebih baik daripada negara-negara sub-Sahara Afrika. Namun PDB Ethiopia masih terbilang cukup rendah.

Perekonomiannya memang hanya tergantung pada industri pertanian yang saat ini terbilang rentan dan kurang didanai pemerintah. Sampai kenyataannya saat ini Ethiopia hanya memegang PDB per kapita sebesar $ 505.00.

8. Gambia.

Gambia merupakan negara terkecil di benua Afrika. Luas wilayahnya hanya 11.000 meter per segi dengan jumlah populasi 1,8 juta orang. Negara ini lebih banyak mengandalkan industri pertanian dan peternakan sebagai pendapatan terbesarnya.

Sayangnya, hal tersebut tidak begitu didukung oleh iklim dan kondisi tanah yang kurang subur. Lebih lagi peran pemerintah untuk mendukung masyarakat masih sangat kurang Tercatat, Gambia hanya memiliki PDB per kapita sebesar $ 488,60.

7. Republik Demokratik Kongo.

Kongo adalah negara kedua terbesar di benua Afrika. Dengan luas wilayah 2,35 juta kilometer per segi yang sebagian besar merupakan hutan, dan jumlah populasi sebanyak 77 juta jiwa, negara ini diklaim memiliki kekayaan sumber daya alam yang berlimpah.

Namun sayangngnya banyaknya sumber daya alam nyatanya tidak mampu membuat masyarakatnya sejahtera.
Negara ini justru jatuh dalam sistem politik korup sehingga menghambat kemajuan negara. Tercatat Kongo hanya memiliki $ 484,20 PDB per kapita.

6. Madagaskar.

Selama hampir 20 tahun standar hidup di negara kepulauan ini terus menurun signifikan. Dengan populasi lebih dari 20 juta jiwa, Madagaskar hanya memiliki PDB per kapita sebesar $ 463,00. Kenyataannya ada sekitar 70% penduduknya hidup di bawah garis kemiskinan.

5. Liberia.

Sejak tahun 1999 sampai 2003 Liberia selalu didera oleh perang sipil tak berkesudahan serta konflik sosial. Kondisi inilah yang menjadi penyebab utama perekonomian Liberia sangatlah buruk. Apalagi Liberia hanya mengandalkan industri pertanian untuk mendorong ekonominya.

Di tahun 2010, negara ini percah tercatat memiliki 80% penduduknya yang memiliki pendapatan kurang dari $ 1.25 per harinya. Dan PDB per kapita Liberia sampai saat ini tercatat hanya sebesar $ 454,30.

4. Nigeria.

Nigeria menjadi salah satu negara termiskin dan juga paling terbelakang dalam beberapa hal di dunia. Nigeria mengandalkan perekonomiannya pada ekstraksi sumber daya alam dan pertanian skala kecil.

Sayangnya, kedua hal itu sangat rentan pada iklim dan cuaca yang tak menentu di sana. Nigeria tercatat memiliki PDB per kapita sebesar $ 415,40. Negara ini seperti sulit berkembang dari tahun ke tahun.

3. Republik Afrika Tengah.

Republik Afrika Tengah merupakan negara yang memiliki sejarah kelam nan panjang. Kondisi politik yang tak stabil kerap memicu terjadinya perang sipil. Sentimentil agama juga menjadi poros keterpurukan negara ini. Hal inlah yang membuat negara ini kian terpuruk dalam kemiskinan.

Kendati diperkirakan 45% pendapatan negara ini berasal dari ekspor berlian, namun buruknya tata kelola pemerintahan membuat perekonomian negara ini tak juga stabil. Akibatnya Republik Afrika Tengah hanya mampu menghasilkan PDB per kapita sebesar $ 333,20.

2. Burundi.

Sama seperti Liberia maupun Republika Afrika Tengah, Burundi terkungkung dalam perang sipil yang kerap terjadi akibat perselisihan politik yang tak kunjung selesai.

Diperkirakan lebih dari 300 ribu sipil menjadi korban dan 67% penduduknya hidup dalam kemiskinan. PDB per kapita yang bisa didapatkan pun hanya sebesar $ 267,10.

1. Malawi.

Inilah negara termiskin di dunia. Malawi menempati urutan pertama. Negara ini memiliki penduduk berjumlah 16 juta jiwa dan menjadi salah satu negara terkecil di benua Afrika. Malawi bahkan sangat terbelakang di berbagai sektor. Negara ini bahkan masih mengandalkan cara bertani yang primitif. Tentu saja sangat rentan pada cuaca.

Belum lagi buruknya fasilitas pendidikan dan kesehatan membuat negara ini kian jatuh pada rantai kemiskinan. Tercatat PDB per kapita negara ini hanya sebesar $ 226,50. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.