Jumat, 19 April 24

Polisi Imbau Masyarakat Bijak Gunakan Akun di Medsos

Polisi Imbau Masyarakat Bijak Gunakan Akun di Medsos
* Ilustrasi akun di medsos. (foto: kabarnews.com)

Jakarta, Obsessionnews.com – Kejahatan siber itu tidak mengenal tempat. meski Jakarta tidak sedang melaksanakan pesta demokrasi dalam Pilakada serentak 2018, bukan berarti pelaku kampanye hitam itu tidak ada di Ibu Kota Jakarta ini.

Untuk itu Polda Metro Jaya akan terus memantau akun-akun media sosial (medsos). Hal itu mengantisipasi maraknya penyebaran berita hoaks dan ujaran kebencian menjelang Pilkada serentak 2018.

“Sejauh ini sih belum ada posting-an-posting-an yang mengarah pada menyebarkan kebencian,” ujar Kanit V Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Metro Jaya Kompol James Hutajulu kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (9/3/2018).

James pun menyarankan agar berhati-hati dalam menggunakan akun di medsos, jangan sampai sembarangan memposting pernyataan yang berpotensi menyulut kemarahan orang lain maupun kelompok. Polisi juga selalu berpatroli mengintai medsos selama 24 jam.

Untuk kategori postingan yang berpotensi melawan hukum atau bahkan dituntut oleh orang atau kelompok yang merasa dirugikan, diantaranya pernyataan yang mendiskreditkan seseorang maupun kelompok tertentu, atau bahkan pasangan calon kepala daerah tertentu.

Sebab ujaran kebencian itu sudah jelas, salah satu ciri-cirinya sengaja di posting di medsos dengan tujuan agar ketehui oleh orang banyak. Dan biasanya tanpa dasar, ia hanya berdasarkan prasangka-prasangka yang belum diketahui kebenarannya sehingga menimbulkan kerugian bagi orang yang diserangnya. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.