Sabtu, 20 April 24

Pemerintah Bantah Illegal Fishing di Taman Nasional Komodo

Pemerintah Bantah Illegal Fishing di Taman Nasional Komodo
* Taman Nasional Komodo.

Manggarai Barat , Obsessionenws.com – Baru baru ini media Inggris “The Gaurdian” menuliskan adanya aktivitas illegal fishing seputar terumbu karang di Taman Nasonal Komodo (TNK).

Kepala Balai Taman Nasional Komodo Budhy Kurniawan membantah adanya akitivitasi illegal di TNK. Ia menegaskan bahwa TNK rusak akibat illegal fishing adalah hoax.

“Taman Nasional Komodo sudah dideklarasikan UNESCO sebagai Situs Warisan Dunia. Semua isunya sangat seksi. Hal-hal yang kecil ternyata luar biasa dampaknya bagi dunia luar. Belum lagi jika bicara UNESCO. Padahal hal itu belum tentu kebenaranya,” kata Budhy dalam konferensi pers, Rabu (25/4/2018).

Menurut Budhy, salah satu destinasi favorit para penyelam adalah Crystal Rock, ini dikenal memiliki arus yang sangat kuat. Kerusakannya sangat kecil dan bukan karena illegal fishing. Ia memastikan Pulau Komodo terjaga dengan baik. Seiring perkembangan pariwisata yang pesat di Pulau Komodo.

Sementara Person In Charges (PIC) Pokja 10 Destinasi Prioritas Kementerian Pariwisata Labuan Bajo Shana Fatina mengutarakan hal yang sama.

Menurutnya, jumlah kunjungan wisatawan ke Taman Nasional Komodo terus meningkat. Angkanya sudah pada ratusan ribu.

“Tahun 2017 lalu, 120 ribu pengunjung di Taman Nasional Komodo. Turis mancanegaranya 75.650. 60 Persen pengunjung yang datang melakukan diving,” ujar Shana. (Popi)

 

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.