Rabu, 12 Desember 18

Menteri Agama Sebut Pengamalan Ajaran Agama Ada di Pramuka

Menteri Agama Sebut Pengamalan  Ajaran Agama Ada di Pramuka
* Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin membuka Kemah Madrasah. (Foto Humas Kwarnas)

Jakarta, Obsessionnews.com – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin membuka Perkemahan Pramuka Madrasah Daerah (PPMD) di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka Cibubur, Jakarta, Rabu (28/11/2018). Kemah yang diselenggarakan oleh Kanwil Kemenag DKI Jakarta ini diikuti 3.000 siswa madrasah dari tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI), Tsanawiyah (MTs), dan Aliyah (MA) se Provinsi DKI Jakarta.

Lukman mengatakan, dalam praktiknya kegiatan Pramuka adalah bagian dari implementasi ajaran agama, dimana di sana terdapat berbagai macam kegiatan positif. Karenanya, Gerakan Pramuka sampai kapanpun perlu diperkuat oleh pemerintah.

“Pramuka, dalam konteks Indonesia, adalah bentuk pengamalan dari ajaran agama. Manifestasi, perwujudan dari pengamalan ajaran agama Islam. Ini yang harus kita sadari, Pramuka harus kita perkuat,” kata Menag di hadapan ribuan siswa madrasah, Rabu.

Lukman pun berpesan agar siswa madrasah aktif dalam Gerakan Pramuka. Menurutnya, Dasa Dharma Pramuka pada hakikatnya adalah nilai-nilai Islam. Sebab di poin-poin di dalamnya terdapat nilai kemanusiaan, demokrasi, solidaritas, integritas, dan tanggung jawab.

“Hakikat Pramuka itu sendiri yaitu bagaimana kita menebarkan kemaslahatan, manfaat, tidak hanya sesama manusia, tetapi pada alam semesta. Itu juga esensi ajaran Islam,” pesan Lukman.

Sementara Kakanwil Kemenag DKI Jakarta Saiful Mujab melaporkan bahwa PPMD 2018 mengusung tema “Pramuka Madrasah Hebat dan Berkarakter sebagai Perekat NKRI untuk Bangsa Indonesia yang Bermartabat”.

“Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan wawasan dan pengalaman anggota Pramuka Madrasah dalam hal ketarampilan serta pengembangan Gerakan Pramuka,” ujarnya.

Pembukaan PPMD 2018 dimeriahkan persembahan tari tradisional khas daerah dari seluruh provinsi di Indonesia. Tarian ini dibawakan oleh siswa-siswa Madrasah Aliyah. Kegiatan ini berlangsung dari 28 – 30 November 2018. Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Budi Waseso yang semula dijadwalkan hadir batal karena ada kegiatan rapat di DPR. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.