Kamis, 28 Maret 24

Breaking News
  • No items

Golput di Surabaya Mencapai 48 Persen

Golput di Surabaya Mencapai 48 Persen
* Robiyan Arifin.

Surabaya, Obsessionnews – Angka pemilih untuk datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada Pilkada Surabaya 9 Desember lalu, hanya 52 persen. Sedangkan selebihnya atau 48 persen lebih memilih Golongan Putih (Golput).

Ketua KPU Kota Surabaya, Robiyan Arifin, mengatakan banyak faktor yang mempengaruhi angka Golput masih cukup besar. Antara lain, minimnya partai pengusung yang terlibat dalam pencalonan, dan masyarakat tidak memilih calon yang maju dalam Pilkada Surabaya.

“Partai yang ikut pilkada cuma tiga yakni Partai Demokrat, PAN dan PDI Perjuangan, tapi salah satu faktornya lho,” terangnya.

Robiyan Arifin2
Robiyan Arifin.

Menurut Robi, angka 48 persen masyarakat tidak menggunakan hak pilih dinilai dibandingkan pada Pilkada 2010 lalu ada penurunan. Dimana Golput mencapai 50 persen lebih. Diakuinya, jika sebelumnya KPU Kota Surabaya menargetkan tingkat partisipasi mencapai 70 persen.

“Ini lebih baik loh dibandingkan Pilwali lalu,” klaimnya.

Robiyan Arifin3

Dalam pelaksanaan pilkada serentak 9 Desember lalu, untuk suara sah sebanyak 1.034.411, dan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) 2.034.307 suara. Paslon Risma – Whisnu unggul memperoleh 893. 087 dan Paslon Rasiyo – Lucy memperoleh 141.324 suara. (Rudianto)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.