Kamis, 18 April 24

Basarnas: Pramuka Mitra Utama Kami

Basarnas: Pramuka Mitra Utama Kami
* Fajar Laksana Ginting, Rescue Basarnas DKI Jakarta. Foto Humas Kwarnas.

Bogor, Obsessionnews.com – Komitmen Pramuka dalam penanganan bencana memang sudah diakui berbagai pihak. Pasalnya, Pramuka dinilai memilik kemampuan tidak kalah hebat dengan yang lain. Karena itu, Pramuka sangat dibutuhkan untuk bekerja sama membantu penanganan bencana.

Hal itu sebagaimana dirasakan Fajar Laksana Ginting, Rescue Basarnas DKI Jakarta. Ia mengakui, dalam melakukan penanganan bencana, Basarnas tidak bisa bekerja sendiri. Butuh bantuan dan kerja sama dari pihak lain, salah satunya adalah Gerakan Pramuka melalui Satgas Pramuka Peduli yang menjadi mitra utama pihaknya.

“Untuk bisa memaksimalkan pencarian, Basarnas butuh banyak potensi. Kami tidak bisa bekerja sendirian. Basarnas butuh bidang atau lembaga lain untuk ikut membantu kami. Dan posisi Pramuka selalu menjadi prioritas kami,” ujarnya usai memberikan materi dalam kegiatan Pertemuan Pramuka Peduli Tingkat Nasional di Lanud Atang Sendjaja, Bogor, Sabtu (8/9/2018).

Ia menuturkan, peran Pramuka terlihat pada saat tanggap bencana dan evakuasi. Basarnas selalu melibatkan Pramuka, khususnya di wilayah Jakarta. Misalnya pada saat bencana banjir di Kampung Melayu, Pramuka ikut ambil bagian melakukan pertolongan dan evakuasi.

Menurutnya, selama ini kinerja Pramuka sudah bagus. Namun ia juga memberi masukan kepada Satgas Pramuka Peduli agar terus melakukan latihan guna mengasah kemampuan. Basarnas sendiri kata dia, tidak bisa melakukan penanganan bencana tanpa ada latihan rutin.

“Secara keseluruhan sudah bagus ya, tinggal latihan harus ditingkatkan tidak boleh berhenti. Kita siap melakukan sinergi untuk memberikan pelatihan kepada adik-adik Pramuka,” jelasnya.

Di tempat yang sama Aldo, Kasi Kemitraan Subdit Dikmas Korlantas Mabes Polri juga mengapresiasi kegiatan yang diadakan oleh Kwarnas Gerakan Pramuka. Ia berharap kegiatan semacam ini terus diadakan setiap tahun dalam rangka meningkatkan skil dan solidaritas atar-Satgas Pramuka Peduli dari berbagai daerah.

“Ini sangat baik karena bisa mendekatkan para pengurus Satgas Pramuka Peduli. Selain menambah ilmu, solidaritas dan rasa persaudaraan mereka juga semakin kuat,” jelasnya.

Ia juga menyatakan Pramuka adalah mitra Polri yang sudah tidak bisa dipisahkan. Keduanya saling membutuhkan dan mengisi dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.