Kamis, 28 Januari 21

Cyber Intelligence Asia 2018

Cyber Intelligence Asia 2018

Oleh: Budi Rahardjo, PhD, Dosen Teknik Elektro ITB

 

Hampir seminggu ini saya berada di Singapura. Acara utama yang saya kunjungi adalah Cyber Intelligence Asia 2018. (Kalau disingkat bisa jadi CIA 2018. CIA, biasanya di dunia security merupakan singkatan dari Confidentiality, Integrity, dan Availability. Jadi pas juga.) Cyber Intelligence Asia ini adalah acara tahunan yang lokasi penyelenggaraannya pindah-pindah. Kali ini di Singapura. Sayangnya belum pernah di Indonesia.

Topik yang dibahas di acara ini terkait dengan cyber security di negara atau organisasi masing-masing pembicara. Asyiknya adalah kita dapat membahas banyak hal secara terbuka, yang mana ini akan sulit jika dibahas tanpa tatap muka. Ada banyak “rahasia”. Kita dapat belajar bagaimana negara lain menangani kasus kejahatan ATM di negara mereka, misalnya. Atau bagaimana mereka mengembangkan framework cyber security di negara mereka.

Sudah beberapa acara CIA ini saya diminta untuk menjadi chairman-nya. Tugas saya adalah mengatur agar acaranya berjalan lancar; memastikan pembicara tidak melebihi waktunya, menyiapkan pertanyaan jika peserta tidak bertanya. Lumayan repotlah.

Topik acara kali ini cukup lumayan bagusnya. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya. Sayangnya jumlah pesertanya kelihatannya menurun. Mungkin karena bersamaan dengan acara ini ada banyak acara cyber security lainnya di Singapura. Misalnya, Blackhat sedang berlangsung juga. Anyway, acara ini sukses.

Sumber: rahard.wordpress.com

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.