Sabtu, 2 Juli 22

CT Berharap Daya Saing Kita Masuk 20 Besar Dunia

CT Berharap Daya Saing  Kita Masuk 20 Besar Dunia

Jakarta – Menko Perekonomian Chairul Tanjung berharap, peringkat daya saing Indonesia di dunia bisa terus naik. Menurut dia, Indonesia seharusnya bisa menempati posisi 20 besar dunia.

Sebelumnya, dalam peringkat daya saing global (Global Competitveness Index) periode 2014-15, Indonesia berada di posisi 34, naik empat tingkat dibandingkan tahun sebelumnya.

“Peringkat 34 itu masih belum istimewa, kita tentu harus bekerja keras lagi agar peringkatnya dari 34 kalau bisa jadi 30, jadi 25, jadi 20,” kata CT di kantor Menko Perekonomian, Jakarta, Selasa (9/9/2014).

Meski belumn bisa menembus posisi 20 besar dunia, CT tetap mengapresiasi peringkat daya saing Indonesia di dunia pada level 34 besar atau meningkat 4 peringkat.

“Berarti ada hal yang berhasil, harus kita apresiasi terhadap upaya yang dilakukan oleh Indonesia,” ungkapnya.

Dia menuturkan, ada beberapa cara untuk menjaga daya saing Indonesia agar terus meningkat yaitu kemudahan perizinan dan kepastian hukum.

“Perizinan itu nomor satu yang harus dilakukan, lalu kepastian hukum, walaupun saya tahu yang masih jadi masalah adalah tenaga kerja. Jadi itu yang harus kita bereskan, dan itu satu-satu akan kita bereskan,” tuturnya.

Sebelumnya, berdasarkan  data World Economic Forum (WEF), dari 144 negara, peringkat Indonesia di posisi 34 saat ini, menggeser posisi tahun sebelumnya yang diduduki oleh Cile, yang mengalami peningkatan satu tingkat ke peringkat 33.

Related posts