Senin, 24 Februari 20

Commpress 2020 Tantang Jurnalis Muda Hasilkan Karya yang Menarik

Commpress 2020 Tantang Jurnalis Muda Hasilkan Karya yang Menarik
* Diselenggarakan pada 3 -7 Februari 2020 COMMPRESS 2020 mengusung tema “Colabo in Action”. (Foto: Istimewa)

Jakarta, Obsessionnews.com – COMMPRESS 2020 hadir kembali sebagai wadah untuk masyarakat, terutama jurnalis muda, untuk menyampaikan aspirasi mereka melalui karya jurnalistik multimedia. Fenomena banjir informasi yang sering kali terjadi di media sosial menantang para pekerja media untuk menghasilkan karya-karya jurnalistik yang menarik tetapi tetap faktual. Berbagai cara baru dalam mengemas berita menuntut jurnalis untuk menguasai bidang keilmuan yang asing bagi mereka.

Diselenggarakan pada 3 -7 Februari 2020 COMMPRESS 2020 mengusung tema “Colabo in Action” dengan harapan ilmu jurnalistik dan jurnalis-jurnalis muda tidak takut dan berani untuk berintegerasi dengan bidang keilmuan lainnya untuk menciptakan karya dalam wujud baru. Sehingga karya-karya yang dihasilkan memiliki dampak baru yang lebih mudah diakses oleh seluruh golongan masyarakat.

Dikutip dari keterangan tertulis yang diterima obsessionnews.com, Selasa (28/1), COMMPRESS 2020 terdiri dari beberapa rangkaian acara, yaitu:

  1. Bazaar Pre-event yang diadakan pada 27-31 Januari 2020 di Lobby Gedung D Universitas Multimedia Nusantara.
  2. Pameran Ruang Indiependen dengan tema “Collaborate in The World Full of Colour” yang dikurasi oleh Dandhy Dwi Laksono selaku founder dari Watchdog, Mast Irham selaku co-founder dari Seribukata.com, dan Beawiharta selaku senior photographer diadakan pada tanggal 3-7 Februari 2020 di Function Hall Universitas Multimedia Nusantara.
  3. Workshop Data Journalism dan Social Media Journalism akan diadakan pada 5-6 Februari 2020 di Ruang Halmahera, Gedung Media Tower, Universitas Multimedia Nusantara.
  4. Seminar “Clickbait – Tipuan atau Taktik dalam Bermedia?” Dengan dukungan Konde.co seminar ini akan dihadiri Tika Adirana selaku managing editor Konde.co bersama para narasumber Ardyan M. Erlangga selaku managing editor VICE Indonesia, Joni Aswira selaku perwakilan dalam bidang advokasi Aliansi Jurnalis Independen (AJI), Domu Ambarita selaku general manager content Tribun Network, dan Wisnu Nugroho selaku Editor in Chief Kompas.com. Seminar ini diadakan pada 5 Februari 2020 mulai dari pukul 14.00-17.00 WIB di Lecture Theater, Universitas Multimedia Nusantara.
  5. Tiga jenis lomba, yaitu Podcast, News Reporting, dan Article Writing. Dengan dukungan dari Kaskus Podcast lomba podcast akan dinilai oleh Gonzaga Jalu Jagad & Aditya Agustian selaku produser Kaskus Podcast, kemudian lomba news reporting akan dinilai oleh Andini Weningtyas Effendi selaku jurnalis & Theodorus Jonathan Lambert Mandey selaku Jurnalis CNN TV Indonesia, sedangkan lomba article writing akan dinilai oleh Callistasia Wijaya selaku Multimedia Broadcast Journalist BBC & Agnes ANya selaku Jurnalis di kantor berita Perancis Agence France-Presse (AFP). Pemenang lomba akan diumumkan di puncak acara yang digelar pada tanggal 7 Februari 2020.
  6. Young Journalist Award yang merupakan puncak acara dari COMMPRESS 2019 diadakan pada tanggal 7 Februari 2020 di Function Hall Universitas Multimedia Nusantara. Acara ini merupakan pemberian penghargaan kepada pemenang lomba dan dimeriahkan dengan penampilan Club Dangdut Racun di pengujung acara. (arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.