Kamis, 26 Mei 22

Citra Wisudawan Terbaik S2 FK Unair

Citra Wisudawan Terbaik S2 FK Unair
* Citrawati D Kencono Wungu atau Citra.

Surabaya, Obsessionnews.comCitrawati D Kencono Wungu terpilih sebagai wisudawan terbaik S2 Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Airlangga (Unair), Surabaya, dengan IPK 3,98. baru-baru ini.

Citra, sapaan akrabnya, tidak menyangka ia meraih predikat wisudawan terbaik. Padahal sebelumnya ia sempat merasa pesimis karena mengira tugas tesisnya tidak akan selesai tepat waktu. Majunya jadwal yudisium sudah pasti mengurangi lama waktu ia pengerjaan tesis. Tapi berkat dukungan suami ia berhasil mengejar waktu itu.

Kekuatan doa dan usaha mampu mengubah sesuatu yang tidak mungkin menjadi mungkin. Tesis Citra akhirnya berhasil dirampungkan dalam waktu empat bulan saja.

Dalam tesisnya, wanita kelahiran Magetan, Jawa Timur, 22 Desember 1988, ini membahas infeksi virus Hepatitis B di Indonesia. Ia menulis tentang mutasi regio pre-S infeksi Virus Hepatitis B pada penderita Chronic Liver Disease untuk mengetahui patogenesis Chronic Liver Disease yang disebabkan oleh infeksi virus tersebut.

Ia menjelaskan, meski program vaksinasi telah digalakkan, angka kejadian virus Hepatitis B di negara-negara berkembang masih tinggi, termasuk Indonesia. Virus Hepatitis B ini memiliki angka mutasi yang tinggi, sehingga apabila terjadi mutasi di daerah pre-S bisa mengubah epitop virus dan vaksin tak lagi bekerja efektif.

“Pada penelitian saya terbukti banyak terjadi mutasi pre-S pada penderita Chronic Liver Disease di Indonesia,” tuturnya seperti dikutip dari siaran pers Humas Unair, Jumat (5/8/2016).

Di sela-sela menjalani perkuliahan S-2 Ilmu Kedokteran Dasar, ibu satu anak ini harus membagi perannya sebagai istri dan dosen di Departemen Biokimia FK Unair.

“Karena sudah berkeluarga, saya baru bisa konsentrasi belajar dan mengerjakan tugas-tugas pada malam hari setelah anak tertidur. Dan setiap kuliah saya berusaha untuk fokus agar tidak perlu banyak mengulang pelajaran di luar kuliah,” kata Citra. (@arif_rhakim)

Baca Juga:

Taufik dan Dini, Pasutri Lulusan Berprestasi dari FK Unair

Profesor Bedah Mulut dari Jepang Ini Berbagi Ilmu di Unair

Ika Prastiani Wisudawan Terbaik S1 FKM Unair

Himmatul Kholidah Wisudawan Terbaik Pascasarjana Unair

Pria Asal Pantai Gading Ini Wisudawan Terbaik S-3 Unair

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.