Rabu, 22 September 21

Cita Citata Dimaafkan Warga Papua

Cita Citata Dimaafkan Warga Papua

Jakarta, Obsessionnews – Penyanyi dangdut Cita Citata bernafas lega. Permasalahannya dengan masyarakat Papua yang dianggap menghina mereka telah dimaafkan. Cita Citata menjadikan silaturahmi perdamaian ini sebagai wujud pelajaran untuk memperbaiki dirinya dimasa depan.

“Ini namanya silaturahmi, ingin bersilaturahmi dengan baik, mudah-mudahan diterima dengan baik. Warga papua mudah-mudahan mengerti pada wakttu itu Cita Citata melakukan sesuatu yang diperbaiki dilain hari, dilain waktu,” ucap Cita Citata dalam konferensi persnya, Jumat (6/11/2015) di kawasan Senayan , Jakarta Selatan.

Pelantun dari ‘Sakitnya Tuh Disini’ menyadari, sebagai public figure tindak tanduk kegiatan selalu di pantau masyarakat.

“Apalagi sekarang ini kita public figure harus memperlihatkan yang baik,” kata Cita Citata yang kini berusia 21 tahun ini

Meskipun Cici Citata ingin permasalahan ini cepat selesai, namun kasus hukumnya masih tetap berjalan.

“Cita ingin cepat selesai, cuma masih dalam proses hukum, nggak bisa cepat selesai, ayo donk ayo, karena semua butuh proses,” jelasnya.

Setelah melakukan perdamaian dengan perwakilan warga Papua melalui parlemen di DPR RI, Cita Citata juga berdamai dengan LSM Papua di Jakarta. Dalam pertemuan ini Cita Citata melakukan tanda nota kesepahaman antara Cita dengan LSM Papua.

“Kalau untuk damai sendiri yang pasti lega banget, cuma kan laporannya belum selesai. Karena bukan dari ng Pak Nikson saja, tapi proses sudah berjalan. Balik lagi, kami enggak bisa memaksa,” ujar Cita Citata.

Selain itu, Nikson yang selaku ketua LSM dari Papua ditempat yang sama mengungkapkan kalau dirinya mewakili warga Papua menyambut positif perdamaian itu.

“Kita terima perdamaian ini. Kami anggap masalah ini sudah selesai,” ujar Nikson.

Permasalahan ini berawal ketika Cita Citata di sebuah tayangan infotainment dianggap melecehkan dan menghina warga Papua.

Tayangan infotainment itu memperlihatkan Cita Citata tengah bersiap tampil menyanyi di sebuah acara.

“Halo pemirsa, sekarang saya lagi di-make-up” atau juga “lihat nih, pemirsa, baju yang akan saya pakai, bagus ya..”

Di tayangan itu, terlihat Wanita asal Bandung ini didandani dengan busana dan aksesoris etnik Papua. Istri Ijonk itu terlihat cantik dengan aksesoris burung cenderawasih serta busana etnik yang ia kenakan. Namun, pada satu kesempatan, Cita keceplosan mengatakan: “Cantik masih tetap… harus dicantikin mukanya… Nggak kayak Papua, kan?”

Seiring waktu, Cita Citata telah melakukan permintaan maaf, namun Kepala Suku Papua Johanes Gluba Gabze, melalui kuasa hukumnya Deddy J. Syamsudin mengatakan bahwa permintaan maaf Cita melalui Instagram tidak akan berpengaruh apa pun. Seharusnya pelantun single ‘ Goyang Dumang’ ini meminta maaf langsung kepada rakyat Papua.

Akibatnya, selain dilaporkan ke Polda Metro Jaya, Cita Citata juga terkena sanksi adat oleh masyarakat Papua. Dalam sanksi itu, Cita Citata diminta membayar uang denda Rp 1 Miliar.

“Klien kami maunya secara gentle. Tetapi kan bukan hanya klien kami saja, tetapi kan ada kepala suku lainnya,” kata Deddy usai melaporkan Cita Citata di Komnas Ham, Menteng, Jakarta Pusat pada 16 Februari 2015. (Popi Rahim)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.