Jumat, 19 April 24

Cina Ancam Jatuhkan Sanksi untuk Singapura

Cina Ancam Jatuhkan Sanksi untuk Singapura

Beijing – Seorang penasihat pertahanan Cina mengatakan, Beijing harus menerapkan sanksi terhadap Singapura dan membuat negara kota itu untuk membayar harga karena secara serius merusak kepentingan Cina.

Seperti dilaporkan IRNA, Senin (3/10/2016), Jin Yinan menuding Singapura berupaya untuk menyulut ketegangan di Laut Cina Selatan, dan menandaskan bahwa untuk mencegah perang di kawasan, sanksi luas harus diberlakukan terhadap negara itu.

Menurutnya, pemerintah Singapura adalah pihak yang mendorong Filipina untuk membawa kasus sengketa di Laut Cina Selatan ke Pengadilan Arbitrase Internasional.

“Singapura mengambil peran aktif dalam mengubah sengketa Laut Cina Selatan menjadi isu internasional dalam beberapa tahun terakhir,” kata Jin Yinan.

Pekan lalu, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong selama kunjungannya ke Jepang, mengatakan negara-negara regional harus menghormati putusan pengadilan Den Haag dan mencari penyelesaian masalah mereka.

Pemerintah Cina sebelum ini juga memperingatkan Singapura agar tidak melibatkan diri dalam konflik regional terutama dalam sengketa Laut Cina Timur dan Selatan.

Pengadilan Arbitrase Internasional memutuskan bahwa klaim Cina atas hak pengunaan sumber-sumber di Laut Cina Selatan, tidak punya landasan hukum. Putusan ini dibuat berdasarkan gugatan pemerintah Filipina yang diajukan tahun 2013 terkait konflik Laut Cina Selatan dengan Cina. (ParsToday)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.