Rabu, 30 September 20

China Diktator, Hapus Mesut Ozil Dari Gim FIFA & PES di Tiongkok

China Diktator, Hapus Mesut Ozil Dari Gim FIFA & PES di Tiongkok
* Mesut Ozil dihapus dari Gim FIFA & Pro Evolution Soccer di Tiongkok. (goal.com)

Rezim China dinilai diktator totaliter karena menghapus Mesut Ozil dari Gim FIFA & Pro Evolution Soccer (PES) di Tiongkok, akibat bintang Arsenal itu mengeritik kebrutalan China terhadap muslim Uyghur di Xinjiang.

Permasalahan yang melibatkan Mesut Ozil dan Tiongkok terus berlanjut. Terkini, bintang Arsenal itu dihapus dari gim FIFA & Pro Evolution Soccer  di negara tersebut.

Namun, pecinta gim di negara dengan populasi terbesar di dunia tersebut tidak akan bisa memainkan Ozil karena namanya dihapus dari sistem.

Ozil menjadi sorotan menyusul komentarnya menyangkut Muslim Uighur di media sosialnya, dengan ia menuding pemerintahan negeri Tirai Bambu membakar Al-Quran, menutup masjid dan sekolah teologi Islam hingga membunuh satu per satu cendekiawan Muslim.

Arsenal sendiri memilih untuk menjauhkan diri dari unggahan pemainnya itu, dan mengklaim itu sebagai pendapat pribadi Ozil dan tidak mewakili klub.

Kini NetEase, perusahaan yang mempromosikan PES di Tiongkok, memutuskan untuk menghapus Ozil dengan menyatakan “[Dia] melukai perasaan fans Tiongkok dan mencederai kedamaian serta semangat cinta berolahraga,” dengan menambahkan: “Kami tidak paham, menerima atau memaafkan ini!”

Hal yang sama juga dilakukan oleh FIFA, selagi Ozil bukan satu-satunya pemain yang dihapus dari sistem gim tersebut, mengingat Marco van Basten beberapa waktu lalu dihapus untuk sementara akibat salam nazi yang ia lakukan di siaran langsung televisi.

Bagi Anda pecinta gim di luar Tiongkok, Anda tak perlu khawatir karena Ozil tetap tersedia di gim FIFA maupun PES dan bisa dimainkan sewaktu-waktu. (*/goal.com)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.